Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Presiden ONPB : Papua Merdeka Harga Mati

Sabtu, 31 Oktober 2009 – 06:32 WIB
Presiden ONPB : Papua Merdeka Harga Mati - JPNN.COM
Terrianus Israel Yocku yang disebut sebagai Presiden Nasional Kongres ONPB. (foto:isir/radar sorong)
SORONG -- Di balik aksi demo damai Otorita Nasional Papua Barat (ONPB) menuntut lepas dari NKRI Kamis lalu (29/10), muncul sosok yang jadi pusat perhatian namun terbilang asing bagi masyarakat Kota Sorong. Dia adalah Terrianus Israel Yocku yang disebut sebagai Presiden Nasional Kongres ONPB. Untuk mengetahui siapa dia sebenarnya dan kiprah ONPB, berikut hasil bincang-bincang ekslusif Ruben Isir dari Radar Sorong (grup JPNN) dengan Terrianus Israel Yocku.

Sebelum memimpin ONPB apa aktifitas Anda ?

Sebelumnya saya sebagai teknisi pada Kantor Telekomunikasi Wilayah 12 di Jayapura. Pendidikan terakhir saya dari Telekomonikasi Bandung, itu selama 2 tahun pada tahun 1973. Selanjutnya saya bekerja sebagai pegawai Telkom . Tahun  1977, saya ditangkap oleh Kodam XVII/Trikora (sekarang Kodam Cenderawasih,red)  dan ditahan hingga tahun 1985 melalui proses peradilan hukum karena terlibat dalam proses perjuangan Papua Merdeka.

Setelah  bebas pada tahun 1985, saya  terus aktif dalam kegitan Papua Merdeka walaupun saat itu kita melakukan pergerakannya di bawah tanah (tersembunyi). Hingga pada tahun 1998, almarhum They H. Elluay diproklamirkan  menjadi pemimpin perjuangan Papua Merdeka dan saya juga ikut bergabung didalamnya mendampingi beliau. Katakanlah saya  orang nomor 2.