Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Presiden Trump, Tolong Bebaskan Hong Kong

Minggu, 08 September 2019 – 14:28 WIB
Presiden Trump, Tolong Bebaskan Hong Kong - JPNN.COM
Seorang pengunjuk rasa mengacung-acungkan poster selama aksi protes di kawasan Central, Hong Kong, China, Minggu (8/9/2019). Foto: ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach/TM

jpnn.com, HONG KONG - Demonstran Hong Kong memanfaatkan renggangnya hubungan Beijing dengan Washington demi memuluskan agenda mereka. Para pengunjuk rasa menggelar aksi di depan kantor Konsulat Amerika Serikat, Minggu (8/9).

Para pengunjuk rasa itu meminta Negeri Paman Sam ikut menekan Tiongkok agar memberi otonomi lebih luas kepada Hong Kong. Beberapa peserta aksi terlihat membawa bendera Amerika Serikat. Terlihat juga spanduk berisi tulisan "Presiden Trump, Tolong Bebaskan Hong Kong."

Formula satu negara dua sistem Hong Kong selama ini menjamin kebebasan yang tidak dinikmati warga di bagian lain Tiongkok. Kini, banyak warga Hong Kong khawatir Beijing mengikis otonomi itu.

BACA JUGA: Rakyat Hong Kong Berontak, Donald Trump Senang

Tiongkok membantah tuduhan campur-tangan dan mengatakan Hong Kong adalah urusan dalam negeri. Beijing telah mencela aksi protes tersebut, juga menuduh Amerika Serikat serta Inggris menyulut kerusuhan.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengumumkan konsesi pekan lalu dengan tujuan mengakhiri protes, termasuk secara resmi mencabut rancangan undang-undang ekstradisi yang ditentang banyak kalangan itu. Tapi, banyak orang mengatakan konsesi itu terlambat.

Demonstrasi Hong Kong memang dipicu RUU Ekstradisi. Namun kini, aksi yang telah berlangsung lebih dari tiga bulan itu, telah berubah menjadi tuntutan akan demokrasi yang lebih luas. (Chaidar Abdullah/Antara/dil/jpnn)

Demonstran Hong Kong memanfaatkan renggangnya hubungan Beijing dengan Washington demi memuluskan agenda mereka.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Masa Depan

    Minggu, 28 April 2024 – 08:53 WIB
    Masa Depan - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Ngantuk Terkulai

    Senin, 22 April 2024 – 07:07 WIB
    Ngantuk Terkulai - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai Wong

    Sabtu, 20 April 2024 – 14:24 WIB
    Nilai Wong - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Fokus Tiga

    Minggu, 14 April 2024 – 07:09 WIB
    Fokus Tiga - JPNN.com
X Close