Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Presidensi G20 Brasil 2024: Saatnya Membangun Dunia yang Adil dan Berkelanjutan

Rabu, 13 Desember 2023 – 17:43 WIB
Presidensi G20 Brasil 2024: Saatnya Membangun Dunia yang Adil dan Berkelanjutan - JPNN.COM
Presidensi G20 Brasil 2024: Saatnya Membangun Dunia yang Adil dan Berkelanjutan. Foto: dok. ekon.go.id

jpnn.com, BRASILIA - Presidensi G20 Brasil 2024 mengusung tema 'Building a Just World and a Sustainable Planet' untuk memberikan solusi nyata terhadap permasalahan kesenjangan sosial.

Untuk mendukung tema besar tersebut, telah ditetapkan tiga prioritas utama. Pertama, inklusi sosial dan perjuangan melawan kelaparan, kemiskinan, dan kesenjangan.

Kedua, transisi energi dan pembangunan berkelanjutan dalam tiga aspeknya (sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup). Ketiga, menghidupkan kembali multilateralisme dan mendorong reformasi lembaga-lembaga tata kelola global.

Diketahui, Brasil memegang Presidensi G20 terhitung sejak 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024. Pertemuan Sherpa ke-1 Presidensi G20 Brasil 2024 berlangsung 11-12 Desember 2023 di Itamaraty Palace, Brasilia, Brasil.

Dalam sambutan pembukanya, Sherpa G20 Brasil, Ambassador Mauricio Carvalho Lyrio menyampaikan, kesenjangan sosial merupakan masalah global yang belum berhasil diatasi.

Ketimpangan pendapatan, akses terhadap kesehatan, pendidikan, dan pangan, gender dan ras, serta keterwakilan merupakan akar dari beberapa masalah masyarakat di seluruh dunia. Jika ingin membuat perbedaan, maka Forum G20 harus menempatkan pengurangan kesenjangan sebagai agenda internasional.

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi menjadi salah satu wakil Indonesia hadir secara langsung dan menyampaikan dukungan Indonesia terhadap isu prioritas yang diusung oleh Presidensi Brasil.

Deputi Edi juga mengapresiasi Presidensi Brasil yang telah mempertahankan struktur G20 yang ramping dan efektif. Namun, dia juga menyampaikan terkait perlunya strategi dalam mengelola isu baru, isu lama, dan permasalahan lintas sektor.

Presidensi G20 Brasil 2024 mengusung tema 'Building a Just World and a Sustainable Planet'.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close