Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PRIMA: Politik Bebas Aktif Indonesia Harus Bersandar pada Tatanan Dunia Baru

Jumat, 08 Juli 2022 – 10:03 WIB
PRIMA: Politik Bebas Aktif Indonesia Harus Bersandar pada Tatanan Dunia Baru - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Dominggus Oktavianus. Foto: Dok. PRIMA

jpnn.com, JAKARTA - Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia. Kedua negara tersebut saat ini sedang dalam kondisi konflik.

Sekretaris Jenderal PRIMA Dominggus Oktavianus berharap politik luar negeri Indonesia yang mengedepankan pendekatan bebas aktif ini dapat bersandar pada sikap fundamental, yakni mendukung hadirnya tatanan dunia baru yang lebih adil, setara, dan damai.

“Tatanan dunia sebelumnya dengan konsep neoliberal dan dominasi oleh satu kutub di Barat jelas tidak adil dan gagal menciptakan perdamaian dunia,” ujar Dominggus dalam keterangan tertulis diterima JPNN.com pada Jumat (8/7).

Dominggus menilai kunjungan Presiden Jokowi memiliki nilai strategis lantaran mengangkat tema pangan sebagai kepentingan bersama seluruh manusia.

Menurut dia, tema itu akan sulit ditolak oleh pihak manapun kecuali mereka yang tidak peduli pada potensi krisis kemanusiaan dan hanya mementingkan egonya sendiri.

“Kita merasa lega karena Presiden Vladimir Putin menyambut positif permintaan tersebut,” ujar Dominggus.

Ke depan, kata dia, PRIMA berharap pemerintah Indonesia tidak ragu lagi menyambut tawaran investasi yang berasal dari Rusia, termasuk pengembangan teknologi nuklir yang diperuntukkan untuk energi, kesehatan, dan pangan.

Dominggus menyampaikan selama ini sejak masa Bung Karno tidak ada pemimpin yang memiliki keberanian dan political will untuk megembangan teknologi nuklir.

PRIMA berharap politik luar negeri Indonesia yang mengedepankan pendekatan bebas aktif ini dapat bersandar pada hadirnya tatanan dunia baru yang adil dan damai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close