Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Program DSA Sasar Nelayan Aruna, Ibu-Ibu & Perempuan Pesisir

Selasa, 13 Juni 2023 – 21:17 WIB
Program DSA Sasar Nelayan Aruna, Ibu-Ibu & Perempuan Pesisir - JPNN.COM
Para nelayan diberikan pelatihan perbaikan mesin kapal oleh Yayasan Maritim Nusantara Lestari dan Aruna bersama Astra International. Foto dok. Aruna

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Maritim Nusantara Lestari dan Aruna bersama Astra International menjalankan program Desa Sejahtera Astra (DSA).

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty mengatakan progtam DSA tujuannya untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian masyarakat di desa setempat.

Tak hanya berfokus kepada nelayan Aruna, acara ini juga ditujukan bagi para Ibu dan perempuan pesisir pada umumnya.

Utari mengungkapkan sepanjang Mei 2023 lalu, program DSA telah selesai dilaksanakan di tiga desa, yaitu Desa Tanamalala-Sulawesi Selatan; Desa Papaan-Kalimantan Selatan; dan Desa Tampo, Sulawesi Tenggara.

"DSA Tanamalala menjadi lokasi pertama," kata Utari dalam keterangannya dikutip Selasa.(13/6).

Dia mengungkapkan pada 26 Mei 2023, sebanyak 60 nelayan berkumpul untuk mengikuti pelatihan perbaikan mesin kapal oleh Yayasan Maritim Nusantara Lestari dan Aruna bersama Astra International.

Baso Opu, salah seorang nelayan yang menjadi pembawa materi pelatihan mengatakan sangat penting mengetahui dan menguasai pelatihan teknis tentang perbaikan serta perawatan mesin kapal, khususnya kerusakan ringan yang bisa terjadi sewaktu-waktu saat melaut.

Selanjutnya di DSA Papaan, juga telah merampungkan pelatihan perakitan jaring dan perbaikan mesin kapal pada 28 Mei 2023 lalu. Acara yang dihadiri oleh 100 nelayan Aruna ini bertujuan untuk mengasah keterampilan mereka dalam memperbaiki kerusakan jaring dan mesin kapal.

Program DSA menyasar nelayan Aruna, ibu-ibu, dan perempuan pesisir agar bisa berdikari. Begini pelaksanaan programnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close