Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Program Prioritas Kemendikbud 2021 Menyasar Jalur Rempah dan Desa Budaya

Senin, 11 Januari 2021 – 23:36 WIB
Program Prioritas Kemendikbud 2021 Menyasar Jalur Rempah dan Desa Budaya - JPNN.COM
Jalur Rempah Nusantara. Foto: Humas Ditjen Kebudayaan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) menjadikan jalur rempah sebagai salah satu program prioritas pada 2021.

Fokus program dititikberatkan pada rekonstruksi jalur rempah untuk mendukung penetapannya sebagai world heritage.

"Tahun 2020 fokus Kemendikbud pada pengenalan kembali jalur rempah dan pembuatan platform-platform pendukungnya. Tahun ini targetnya jalur rempah menjadi world heritage," kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hikmar Farid dalam taklimat media daring, Senin (11/1).

Kemendikbud juga menetapkan program prioritas kebudayaan lainnya di 2021. Di antaranya program desa pemajuan kebudayaan.

Program ini dimaksudkan untuk mengaktifkan ekosistem pemajuan kebudayaan masyarakat di desa dengan mengenali dan menarasikan potensi budaya desa berbasis budaya.

Juga bertujuan menggali potensi ekosistem budaya yang dimiliki desa dari sudut pandang masyarakat atau komunitas desa itu sendiri sebagai pemilik kebudayaannya sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat desa itu sendiri. 

Program berikutnya adalah pengembangan cagar budaya dan warisan budaya tak benda (WBTB). Di mana nantinya potensi dan kearifan lokal dari suatu daerah, mulai dari kawasan, penduduk sekitar hingga teknologi yang dimiliki cagar budaya maupun WBTB akan dikembangkan untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Selain itu, tahun ini Kemendikbud akan menyelenggarakan repatriasi (pengembalian kembali) sejumlah benda cagar budaya milik Indonesia yang selama ini berada di luar negeri. 

Ditjen kebudayaan kemendikbud memprioritaskan program di 2021 menyasar pada seniman dan budayawan serta program Jalur Rempah dan Desa Budaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close