Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Program TEKAD Tingkatkan Penghasilan Rumah Tangga Desa Rumahsoal

Jumat, 09 Juni 2023 – 06:06 WIB
Program TEKAD Tingkatkan Penghasilan Rumah Tangga Desa Rumahsoal - JPNN.COM
Ketua Kelompok Demplot Lukas Matital dalam sesi tanya jawab bersama IFAD yang digelar di Balai desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (8/6/2023). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) terus berkontribusi pada peningkatan penghasilan kelompok sasaran.

Salah satunya melalui pembuatan demplot pertanian yang mampu meningkatkan pengasilan rumah tangga di Desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

“Dari demplot kelompok pertanian yang difasilitasi TEKAD, anggota kelompok kami mendapatkan pendapatan bersih satu juta per KK. Inilah mengapa kami sangat berterima kasih dengan adanya program TEKAD di desa kami,” tegas Ketua Kelompok Demplot Lukas Matital dalam sesi tanya jawab bersama IFAD yang digelar di Balai desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (8/6/2023).

Demplot adalah akronim dari demonstrasi plot yaitu aktivitas penyuluhan pertanian di suatu wilayah.

Lukas mengungkapkan demplot yang dimulai sejak bulan Oktober 2022 itu, menanam berbagai komoditas pertanian seperti kubis, kol dan sebagainya.

Kostur tanah yang subur serta iklim yang mendukung membuat komoditas pertanian tumbuh dengan baik dan menghasilkan.

“Kelompok demplot itu sendiri beranggotakan 20 orang Kepala Keluarga,” katanya.

Lukas mengakui jika masih ada satu kendala yang dihadapi untuk meningkatkan pendapatan dari demplot pertanian inisiasi TEKAD tersebut. Menurutnya ongkos distribusi panen masih cukup tinggi.

Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) terus berkontribusi pada peningkatan penghasilan kelompok sasaran yaitu rumah tangga di desa Rumahsoal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close