Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Protap Keras Diterapkan, Demonstran Ditahan

Rabu, 20 Oktober 2010 – 17:20 WIB
Protap Keras Diterapkan, Demonstran Ditahan - JPNN.COM
Aksi tidur-tiduran mewarnai jalannya demonstrasi bertepatan satu tahun pemerintahan SBY-Boediono di Bundaran HI, Rabu (20/100. Foto Widisandika/JPNN
JAKARTA - Aksi unjuk rasa memperingati setahun pemerintahan SBY-Boediono di depan Istana Negara, Jakarta, berlangsung ricuh. Sejumlah demonstran sempat diamankan polisi, setelah upaya para pengunjukrasa untuk menembus barikade polisi yang mengamankan Istana Merdeka gagal.

Polisi kemudian berusaha memecah konsentrasi massa yang merangsek menuju Istana dengan tembakan peringatan, serta semprotan air dari water cannon yang disiagakan. Hasilnya, ribuan pengunjukrasa yang berasal dari puluhan elemen itu terpecah menjadi beberapa kelompok kecil. Bahkan sejumlah kelompok mahasiswa yang banyak membawa massa perempuan pun membubarkan diri.

Aksi di depan Istana Negara ini sendiri dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Ini setelah sejumlah massa, baik yang mendukung (pro) maupun menentang (kontra) SBY berdatangan ke kawasan itu. Sekitar pukul 12.00 WIB, massa aksi sempat membubarkan diri, akibat guyuran deras hujan yang melanda kawasan Monas dan sekitarnya. Namun beberapa saat kemudian setelah hujan reda, massa kembali berkumpul. Dari beberapa penjuru massa kemudian membentuk koloni besar, menyuarakan protes terhadap pemerintahan SBY yang dinilai tak berpihak pada rakyat.

Saat itu, massa sempat membakar sejumlah atribut dan benda bekas di seberang Istana. Aksi kemudian memanas, setelah sejumlah pengunjukrasa terlibat aksi saling dorong dengan petugas. Karena itulah, upaya paksa lantas dilakukan polisi untuk membubarkan konsentrasi massa. Aksi mulai berlangsung tenang, setelah massa membubarkan diri sekitar pukul 16.45 WIB. Sementara ribuan personil Polri yang disiagakan di sekitar Istana itu pun, lantas menarik diri ke bagian dalam Monas, tempat mereka dikumpulkan.

JAKARTA - Aksi unjuk rasa memperingati setahun pemerintahan SBY-Boediono di depan Istana Negara, Jakarta, berlangsung ricuh. Sejumlah demonstran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close