Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Protelindo Group Dukung Upaya Konservasi KLHK dalam Pelestarian Macan Tutul Jawa

Selasa, 05 Maret 2024 – 09:14 WIB
Protelindo Group Dukung Upaya Konservasi KLHK dalam Pelestarian Macan Tutul Jawa - JPNN.COM
Acara Kick-Off Meeting Java-Wide Leopard Survey yang diselenggarakan di Ruang Rimbawan I, Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta pada Selasa (27/2). Foto: Dokumentasi Protelindo Group

jpnn.com, JAKARTA - Protelindo Group, grup perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi dan penyedia layanan internet di Indonesia mendukung proyek konservasi macan tutul Jawa (Panthera pardus melas) yang dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkerja sama dengan Yayasan SINTAS Indonesia.

Dimulainya program ini ditandai dengan diadakannya acara Kick-Off Meeting Java-Wide Leopard Survey yang diselenggarakan di Ruang Rimbawan I, Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta pada Selasa (27/2).

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Prof Satyawan Pudyatmoko menyampaikan seluruh sektor perlu mengambil peran, karena survei nasional ini merupakan hal yang sangat penting.

Hal ini mengingat pengelolaan satwa liar harus dimulai dengan inventaris data yang komprehensif sehingga dapat menyusun program lanjutan yang tepat dalam menghadapi permasalahan yang sangat kompleks terkait populasi top predator ini.

Dirjen Satyawan mengatakan KLHK bersama Yayasan SINTAS Indonesia kini berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait, salah satunya Protelindo Group untuk melanjutkan proyek konservasi ini melalui kegiatan survei dan pengumpulan sampel kotoran macan tutul Jawa untuk mengetahui struktur populasi macan tutul jawa dan preferensi satwa mangsanya.

"Secara keseluruhan proyek kerja sama ini akan mencakup 21 bentang alam yang tersebar di seluruh area di Jawa," terang Dirjen Satyawan dalam keterangannya yang diterima, Selasa (5/3).

Proyek konservasi bersama dengan Protelindo Group akan fokus pada konservasi macan tutul di lokasi bentang alam Gunung Ijen dan Gunung Raung, Jawa Timur, dan akan dilaksanakan selama kurang lebih 2 tahun, dimulai dari Januari 2024 hingga Desember 2025.

Protelindo Group berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam mendukung upaya pelestarian satwa liar yang dilindungi ini.

keikutsertaan Protelindo Group dalam upaya konservasi yang dipelopori KLHK ini merupakan langkah penting dalam upaya pelestarian macan tutul Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close