Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PSI: Nabi Muhammad SAW Teladan Dalam Praktik Toleransi

Minggu, 18 Agustus 2019 – 20:06 WIB
PSI: Nabi Muhammad SAW Teladan Dalam Praktik Toleransi - JPNN.COM
Partai Solidaritas Indonesia (PSI). ILUSTRASI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyesalkan pernyataan Ustaz Abdul Somad tentang salib dan patung di video yang viral dalam beberapa hari terakhir.

“Ucapan tersebut tidak selayaknya dilontarkan karena hanya menimbulkan ketegangan hubungan di antara umat beragama. Kami mengharapkan agar mempertimbangkan dengan baik semua hal yang disampaikan. Jangan sampai memicu konflik di masyarakat,” kata Juru Bicara PSI, Azmi Abubakar dalam keterangan pers, Minggu (18/8).

Padahal, menurut Azmi, pembelaaan atas penghargaan terhadap Kristen diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau berjanji melindungi jiwa, agama, dan harta benda kaum Kristen di Najran dan sekitarnya pada tahun 631-632 Masehi.

“Nabi Muhammad memerintahkan agar kepercayaan kaum Kristen tidak boleh diganggu, kebiasaannya tidak boleh disinggung, hak dan kewajibannya tidak boleh diubah. Pendeta dan guru agamanya tidak boleh dipecat, semua mereka harus merasakan keamanan hidup, sebagaimana di zaman sebelum beliau,” kata Azmi.

Mengutip buku “Toleransi Nabi Muhammad dan Sahabat-sahabatnya” karya Tengku Haji Aboebakar Atjeh, Azmi menegaskan pada masa Nabi Muhammad memegang kendali pemerintahan, patung dan salib tidak boleh dirusak, kaum Kristen tidak boleh ditindas, mereka tidak boleh membalas dendam seperti zaman jahiliyah, bea persepuluhan tidak ditarik, dan mereka tidak diwajibkan memberi makanan kepada tentara Islam dan lain-lain.

Ada sebuah cerita. Beberapa pendeta Kristen datang kepada Nabi Muhammad, hendak berbicara soal agama. Orang-orang Islam yang terkenal ramahnya, menempatkan mereka di rumah-rumah dan juga di dalam masjid.

Tamu-tamu itu menumpang di sana beberapa hari sampai tiba hari Minggu. Bagi orang Islam, seluruh bumi Allah adalah masjid dan musala, tetapi tamu-tamu Kristen itu harus ke Gereja.

“Di sekeliling tempat mereka menumpang itu tidak ada gereja. Di dalam kesukaran itu, Rasulullah mempersilakan mereka untuk menggunakan masjid beliau sendiri sebagai tempat beribadah. Tidakkah ini menjadi teladan bagi kita?” kata Azmi.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyesalkan pernyataan Ustaz Abdul Somad tentang salib dan patung dii video yang viral dalam beberapa hari terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close