Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PT KAI Tutup 19 Perlintasan Liar Demi Tekan Kecelakaan

Kamis, 06 Juni 2024 – 17:45 WIB
PT KAI Tutup 19 Perlintasan Liar Demi Tekan Kecelakaan - JPNN.COM
Petugas Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung, Jawa Barat, memasang besi di perlintasan liar di jalur kereta api guna menekan kasus kecelakaan menimpa warga.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

jpnn.com, BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah Daop 2 Bandung, Jawa Barat, menutup 19 perlintasan liar dengan besi penghalang 7 di antaranya berada di wilayah Kabupaten Cianjur, Jabar, untuk menekan kasus kecelakaan.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan sepanjang 2024 dari Januari hingga Mei, kasus kecelakaan masyarakat tertabrak kereta atau tertemper sekitar 23. Kejadian itu tersebar di sejumlah wilayah termasuk Cianjur.

"Kasus terbaru di Cianjur pada Mei, seorang pemuda tewas di tempat setelah tertabrak kereta saat duduk di pinggir rel, sehingga berbagai upaya dilakukan KAI untuk menekan angka kecelakaan menimpa warga di sepanjang jalur kereta," kata dia dikutip dari Antara, Kamis (6/6).

Berbagai upaya yang dilakukan untuk menekan kasus kecelakaan di sepanjang jalur kereta terutama di Cianjur, selain menutup perlintasan liar, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menempatkan petugas di perlintasan tanpa palang pintu.

Dimana petugas yang ditempatkan disesuaikan dengan status jalan seperti jalan desa ditangani pihak desa atau kelurahan dan jalan kabupaten ditangani petugas yang ditunjuk dari pemerintah daerah.

"Kami sudah koordinasikan dengan pemerintah daerah terkait penempatan petugas di perlintasan tanpa palang pintu dapat ditunjuk berdasarkan status jalan," katanya.

Sedangkan terkait kasus kendaraan yang tertabrak kereta sepanjang tahun 2024 tercatat sebanyak 10 kasus, sehingga pihaknya berharap penempatan petugas di perlintasan tanpa palang pintu sudah dapat berjalan dalam waktu dekat atau secepat mungkin.

Upaya lain dalam mencegah terjadinya kecelakaan di jalur kereta api, tambah dia, pihaknya meminta warga tidak melakukan aktivitas di sepanjang jalur kereta api karena berisiko tertabrak terlebih selama ini dalam aturan jelas dilarang beraktivitas di jalur kereta.

PT KAI Daop Bandung berusaha menekan kecelakaan kereta dengan menutup 19 perlintasan liar.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close