Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Puan Maharani Berpeluang Besar Menjabat Ketua DPR RI Lagi

Selasa, 01 Oktober 2024 – 09:50 WIB
Puan Maharani Berpeluang Besar Menjabat Ketua DPR RI Lagi - JPNN.COM
Tangkapan layar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat paripurna terakhir DPR RI Periode 2019-2024 di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024). ANTARA/Donny Aditra

jpnn.com - JAKARTA - Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 dilantik hari ini, Selasa (1/10). Nama Puan Maharani kembali mencuat untuk menjabat ketua DPR RI lagi.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan bahwa Ketua DPR RI Puan Maharani berpeluang besar akan kembali memimpin DPR RI untuk masa jabatan 2024-2029.

Menurut dia, PDIP akan mengusulkan Puan sebagai pimpinan DPR RI, sebagaimana ketentuan Undang-Undang (UU) tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) yang berlaku saat ini.

"Dari PDIP sesuai dengan UU MD3 insyaallah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Said lantas membeberkan pimpinan DPR RI dari fraksi partai politik lain yang kemungkinan akan memimpin DPR RI periode 2024-2029, di antaranya dari Partai Gerindra yakni Sufmi Dasco Ahmad yang juga merupakan wakil ketua DPR RI periode 2019-2024.

"Golkar nampaknya menurut hemat saya yang saya dengar Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustopa, dan dari PKB mantan Ketua Komisi VI adinda Riza (Faisol Riza)," ucapnya.

Said juga memprediksi bahwa Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang akan mengisi kursi ketua MPR RI. 

"Kalau dari pandangan PDIP yang paling pas Pak Muzani," tegasnya.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan Puan Maharani berpeluang besar untuk menjabat ketua DPR RI lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA