Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Puan Maharani: Cara Bercocok Tanam Padi Antardaerah Berbeda

Minggu, 02 Oktober 2022 – 06:01 WIB
Puan Maharani: Cara Bercocok Tanam Padi Antardaerah Berbeda - JPNN.COM
Ketua DPR Puan Maharani ikut menanam padi bersaama petani perempuan Sleman di persawahan Sendangmulyo, Yogyakarta, Kamis (11/11). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Dalam kunjungan kerja di Bali, tepatnya ke Desa Adat Sedang, Abiansemal, Badung, Rabu 28 September 2022, Ketua DPR RI Puan Maharani membaur bersama warga setempat dengan menanam padi jenis Inpari 32.

Cucu Bung Karno itu bersama warga menanam padi dengan menggunakan sistem tanam maju atau tanju.

Melalui unggahan di Instagramnya @puanmaharaniri, Puan menyatakan Indonesia merupakan negara yang sangat kaya.

Bahkan, saking kayanya, dalam bercocok tanam padi satu daerah berbeda dengan daerah lainnya. Ada yang menggunakan sistem tanam mundur, ada juga yang menggunakan sistem tanah maju.

"Saking kaya rayanya Indonesia, beda daerah beda cara menanam padinya. Di sini di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Kabupaten Badung, sawahnya dibikin kotak-kotak segi empat dulu sebelum ditanam. Di daerah Jawa Timur dibikin garis lurus, di Sumatera berbeda lagi,” kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu seperti dilansir dalam siaran pers Humas DPR RI.

Dua sistem tanam itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu, apa sih kelebihan dari sistem tanam maju yang berlaku di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Badung, sebagaimana dilakukan Ketua DPR RI saat bersama warga setempat pekan kemarin.

Sistem tanam maju yang juga berlaku di beberapa daerah lain di Indonesia, merujuk sampulpertanian.com, merupakan salah satu teknik menanam padi yang sudah diakui keunggulannya dalam dunia pertanian. 

Keuntungan dari tanju ini salah satunya petani bisa lebih cepat melakukan penanaman bibit padinya dan bisa lebih jelas melihat garis jarak tanam yang sebelumnya dibuat oleh petani menggunakan caplakan.

Ketua DPR RI Puan Maharani membaur bersama warga Desa Adat Sedang Provinsi Bali menanam padi jenis Inpari 32.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close