Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pujian & Saran dari Bamsoet buat Pemerintahan Jokowi di Tahun Depan

Minggu, 29 Desember 2019 – 15:51 WIB
Pujian & Saran dari Bamsoet buat Pemerintahan Jokowi di Tahun Depan - JPNN.COM
Bambang Soesatyo. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi nasional 2019 pada kisaran 5 persen.

Namun, politikus yang beken disapa dengan panggilan Bamsoet itu juga mendorong pemerintah tetap menerapkan asas kehati-hatian (prudent) dalam pengelolaan ekonomi negara pada tahun depan karena dunia masih menghadapi ketidakpastian.

Politikus Golkar itu mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional pada 2019 yang masih bertahan di kisaran 5 persen patut disyukuri. “Gambaran tentang indikator pertumbuhan ekonomi ini seharusnya menjadi faktor pembangkit optimisme masyarakat, utamanya karena level pertumbuhan itu bisa dicapai ketika perekonomian global masih dirundung masalah ketidakpastian,” ujar Bamsoet, Minggu (29/12).

Mantan wartawan itu menambahkan, terjaganya kinerja perekonomian nasional yang positif pada 2019 tentu berkat pengelolaan yang penuh kehati-hatian. Dalam analisis Bamsoet, dinamika perekonomian global 2020 masih sama dengan 2019.

“Dari aspek pertumbuhan tetap kurang prospektif. Faktor penyebab ketidakpastiannya tetap sama, yakni berlanjutnya perang dagang Amerika Serikat versus Tiongkok, plus rumitnya pemisahan Inggris atau Brexit dari perekonomian atau pasar tunggal Uni Eropa,” ulasnya.

Menurut Bamsoet, pada tahun depan ada potensi terjadinya eskalasi ketidakpastian akibat faktor AS. Pertama, kisruh mengenai keberlanjutan proses pemakzulan Presiden AS Donald Trump.

Kedua, faktor pemilihan Presiden AS pada November 2020. “Dunia pada umumnya dan sektor bisnis pada khususnya, akan menunggu sosok presiden terpilih di AS,” katanya.

Karena itulah Bamsoet meminta pemerintah tetap bermain aman dan realistis dalam mengelola ekonomi. Sebab, dengan penuh kehati-hatian pun perekonomian Indonesia masih tumbuh 5,02 persen.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah Presiden Jokowi tetap menerapkan asas kehati-hatian (prudent) dalam pengelolaan ekonomi negara pada tahun depan di tengah ketidakpastian global..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close