Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pulang dari Luar Negeri, Mantan Presiden Hadapi Tuduhan Makar

Senin, 17 Januari 2022 – 22:42 WIB
Pulang dari Luar Negeri, Mantan Presiden Hadapi Tuduhan Makar - JPNN.COM
Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko. Foto: ANTARA/REUTERS/Ukrainian Presidential/tm

jpnn.com, KYIV - Mantan presiden Ukraina Petro Poroshenko tiba di Ibu Kota Kiev pada Senin untuk menghadapi kasus dugaan makar. Dia sendiri menyebut kasus sebut dibuat-buat oleh para sekutu presiden penggantinya, Presiden Volodymyr Zelenskiy.

Dalam perselisihan sekilas di pemeriksaan perbatasan setelah tiba dengan penerbangan dari Warsawa, dia menuduh penjaga perbatasan telah menyita paspornya.

Poroshenko kemudian muncul di hadapan kerumunan pendukung yang mengibarkan bendera di luar bandara. Kembalinya Poroshenko memicu pertikaian dengan pemerintah Zelenskiy.

Para kritikus menganggap kedatangannya itu merupakan gangguan di saat Ukraina tengah bersiap menghadapi kemungkinan serangan militer Rusia dan untuk meminta dukungan sekutu-sekutu Barat.

Para diplomat negara-negara Barat menyerukan persatuan politik di Ukraina menjelang kedatangan Poroshenko.

Poroshenko sendiri tengah diselidiki atas tuduhan makar terkait dengan pembiayaan pejuang separatis yang didukung Rusia melalui penjualan batu bara ilegal saat dia menjabat pada 2014 hingga 2015.

Partainya menuduh Zelenskiy melakukan upaya yang tidak bijaksana untuk membungkam oposisi politik.

Pemerintah Zelenskiy mengatakan jaksa dan pengadilan merupakan pihak independen. Pemerintah yang saat ini berkuasa juga menuduh Poroshenko menganggap dirinya kebal hukum.

Setelah lama tinggal di luar negeri, mantan presiden ini akhirnya pulang untuk menghadapi kasus makar yang dituduhkan kepadanya

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close