Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pungli Marak di Lembaga Pemasyarakatan

Jumat, 21 Desember 2012 – 11:30 WIB
Pungli Marak di Lembaga Pemasyarakatan - JPNN.COM
PANGKALPINANG - Lembaga Permasyarakatan (LP) yang notabene dimaksudkan untuk membuat jera seseorang yang tersangkut perkara hukum justru melakukan hal-hal buruk. Institusi tersebut tercoreng dengan ulah oknum-oknum tak bertanggungjawab yang melakukan Pungutan Liar  (Pungli) terhadap keluarga narapidana.

Salah seorang pengunjung LP yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, setiap kali dirinya melakukan kunjungan ke Lembaga Permasyarakatan yang dalam hal ini LP Tua Tunu untuk melihat keluarganya, selalu dipinta uang oleh salah seorang petugas LP.  "Setiap saya berkunjung, dua kali seminggu, setiap kali itu pula selalu memberikan uang kepada penjaga di sana sebesar Rp200-Rp300 ribu, alasannya uang keamanan," ungkapnya saat berbincang-bincang dengan Babel Pos (Grup JPNN), Kamis (20/12).

Ia melanjutkan, uang tersebut diserahkan oleh para pengunjung kepada tahanan yang dijenguk, selanjutnya sang napi menyerahkan pada oknum petugas dengan alasan untuk keamanan. Selain itu, dalam setiap kunjungannya, di setiap masuk pintu-pintu di LP dirinya juga mengaku dipinta uang walaupun tidak sebesar permintaan oknum melalui sang napi untuk alasan keamanan. "Dan saat mau masuk ke sana juga dipinta uang. Seperti di setiap pintu masuk tempat besuk, nominalnya ada yang puluhan ribu," sebutnya.

Sementara itu Kepala Kementerian Hukum dan Ham Babel, Nardiyono Wibowo, mengapresiasi laporan yang diberikan kepadanya. Dirinya mengungkapkan bila memang nantinya ditemukan masih terjadi pungli maka dirinya akan bertindak tegas.

PANGKALPINANG - Lembaga Permasyarakatan (LP) yang notabene dimaksudkan untuk membuat jera seseorang yang tersangkut perkara hukum justru melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close