Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Punya Prestasi Segudang, 2 Usaha Jadi Role Model UMKM Binaan Pelindo

Selasa, 30 Mei 2023 – 20:11 WIB
Punya Prestasi Segudang, 2 Usaha Jadi Role Model UMKM Binaan Pelindo - JPNN.COM
Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ihsanuddin Usman. Foto: Dok Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - Dua usaha yang memiliki segudang prestasi menjadi role model UMKM Binaan Pelindo.

Adapun dua UMKM itu adalah Agradaya yang telah berhasil memasarkan produknya ke luar negeri dan dan Miranda Batik, UMK Batik khas Yogya yang memiliki motif unik.

Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ihsanuddin Usman pun mengunjungi UMKM unggulan mitra binaan di Yogyakarta tersebut untuk role model untuk mengembangkan potensi UMKM Pelindo lainnya.
 
Agradaya yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta merupakan kelompok usaha berbasis komunitas di bidang pertanian.

Kelompok usaha ini fokus mengembangkan produk herbal dan tanaman obat-obatan seperti temulawak, jahe, kunyit dan rempah jenis lainnya.
Kemudian, Miranda Batik merupakan mitra binaan Pelindo di kota Yogyakarta yang bergerak di bidang fesyen, khususnya Batik
 
Adapun Miranda Batik misalnya, sejak beberapa tahun belakangan sudah memasarkan produknya ke beberapa negara seperti Italia, Perancis, Belanda, dan Amerika Serikat.
 
“Kami berkomitmen untuk terus mendorong UMKM binaan agar terus memperluas pasar. Sebagai BUMN yang bergerak di bidang kepelabuhanan, Pelindo bisa memberikan support secara langsung maupun tidak langsung terkait upaya perluasan pasar ekspor,” kata Ihsanuddin Selasa (30/5).
 
Dalam kunjungan tersebut, ikut hadir beberapa GM Cabang Pelindo dari beberapa cabang dari Sumatera hingga Papua, yang semuanya memiliki binaan UMKM di wilayah masing-masing.
 
Sebagai informasi, Kelompok Usaha Agradaya merupakan satu dari lima UMKM champion yang terpilih di ajang Inkubasi Pandu Gedor Ekspor, di Jakarta.

Pandu Gedor Ekspor ini merupakan program pembinaan UMKM kolaborasi antara Pelindo dan PT Sarinah (Persero) yang memadukan Program Gedor Ekspor Pelindo dengan kurasi UMK oleh Sarinah.
 
Ihsanuddin menjelaskan setelah melewati proses kurasi yang ketat, Agradaya berhasil masuk dalam jajaran UMKM yang terpilih dan mendapatkan kesempatan memasarkan produknya, baik secara offline di gerai-gerai Sarinah maupun online.

"Produknya sudah sejajar dengan brand-brand besar berskala nasional dan internasional. Pelindo tergerak untuk menjadikan Agradaya sebagai role model bagi UMKM lainnya,” jelas Ihsanuddin.
 
Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengatakan sebagai perusahaan Pelindo terus berbenah dan melakukan transformasi guna mewujudkan visi menjadi pemimpin ekosistem maritim terintegrasi dan berkelas dunia.

Namun, sebagian BUMN, Pelindo juga menjalankan peran untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).
 
“Program TJSL Pelindo saat ini mengacu pada tiga prioritas, yakni pengembangan kapasitas manusia melalui pendidikan, pemberdayaan ekonomi dengan pengembangan UMKM, serta keselarasan interaksi dengan lingkungan sekitar,” jelas pungkas Ali.(mcr10/jpnn)

Dua usaha yang memiliki segudang prestasi menjadi role model UMKM Binaan Pelindo.

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   UMKM  Pelindo  BUMN  ekspor  TJSL 
BERITA LAINNYA
X Close