Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pupuk Kaltim Fasilitasi Pameran 2 UMKM Binaan di Ajang MotoGP Mandalika

Minggu, 20 Maret 2022 – 09:11 WIB
Pupuk Kaltim Fasilitasi Pameran 2 UMKM Binaan di Ajang MotoGP Mandalika - JPNN.COM
Dua UMKM binaan PT Pupuk Kaltim berpartisipasi dalam pameran di ajang MotoGP Mandalika 2022. Foto dok PKT

jpnn.com, NUSA TENGGARA BARAT - Dua mitra binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), yakni Batik Kuntul Perak dan Lenny Souvenir, unjuk gigi dalam pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan, yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop).

Keduanya secara khusus difasilitasi PKT, untuk berpartisipasi di ajang MotoGP Indonesia di Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret 2022.

VP CSR PKT Anggono Wijaya, mengatakan Batik Kuntul Perak merupakan batik lokal khas Bontang, yang mendapatkan Sertifikat Produk Pengguna Tanda (SPPT) SNI dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) sejak 2019, dengan kualitas yang telah diakui secara Nasional.

"Batik Kuntul Perak merupakan salah satu UMKM yang lolos kurasi Kemenkop RI untuk ditampilkan di stand utama pada pameran kali ini, sebagai produk unggulan hasil karya Indonesia," ujar Anggono, Sabtu (19/3).

Sementara, Lenny Souvenir menghadirkan berbagai macam kerajinan manik manik khas suku Dayak, serta kreasi motif Kalimantan Timur lainnya seperti aneka asesoris, rompi dan tas hingga kerajinan sulam tampar.

Produk ini merupakan salah satu hasil kerajinan tangan unggulan Kaltim, yang juga mampu menembus pasar nasional serta mampu bersaing dengan kerajinan serupa dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ini membuktikan jika produk lokal mampu bersaing dan menembus pasar dengan peluang yang lebih luas," kata Anggono.

Dirinya menyebut hal ini merupakan salah satu sasaran pembinaan PKT bagi UMKM lokal agar lebih berdaya saing, sehingga mampu menjangkau peluang pasar secara signifikan dalam mendukung peningkatan perekonomian nasional.

Dua mitra binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) turut berpartisipasi dalam ajang MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close