Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pupuk Kaltim Gagas Program Agro Solution di Dompu NTB, Mendes: Pertanian Jauh lebih Kuat

Sabtu, 07 November 2020 – 16:07 WIB
Pupuk Kaltim Gagas Program Agro Solution di Dompu NTB, Mendes: Pertanian Jauh lebih Kuat - JPNN.COM
Pupuk Indonesia bersama anak usahanya PT Pupuk Kaltim langsung mengimplementasikan program Agro Solution untuk komoditas jagung di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Foto dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, NUSA TENGGARA BARAT - Pupuk Kaltim dan induk usaha Pupuk Indonesia bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan pencanangan sekaligus penanaman perdana program Agro Solution untuk komoditas jagung, di Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (6/11).

Penanaman dilakukan oleh Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar bersama SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi, Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto, serta perwakilan Pemprov NTB, Pemkab Dompu dan stakeholders terkait.

Kegiatan ini sekaligus menandai langkah nyata Pupuk Kaltim dalam mendorong produktivitas pertanian jagung masyarakat Dompu dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Program ini diikuti 163 petani dengan luasan lahan mencapai 222 hektare.

Dijelaskan Meizar, Agro Solution dikembangkan melalui pemanfaatan kawasan pertanian dengan konsep aliansi kemitraan berkelanjutan, bekerjasama dengan Pemerintah dan stakeholders multi pihak, yang melibatkan perbankan, asuransi pertanian, hingga offtaker, guna mendukung produktivitas hasil pertanian secara signifikan.

Program ini melakukan pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian secara berkelanjutan, melibatkan rantai pasok yang didukung teknologi berbasis pada triple bottom line 3P (people, planet dan profit).

“Agro Solution dapat menjadi solusi mewujudkan ketahanan pangan melalui program intensifikasi, ekstentifikasi dan mekanisasi pertanian, termasuk kesejahteraan petani dengan memberikan manfaat layanan yang lebih luas secara holistik,” ujar Meizar.

Pelaksanaan Agro Solution di Dompu juga berdasarkan rekomendasi Kemendes PDTT, melihat kesuksesan program di beberapa wilayah distribusi Pupuk Kaltim yang berhasil meningkatkan kapasitas dan produktivitas pertanian setempat.

Kegiatan ini sekaligus menandai langkah nyata Pupuk Kaltim dalam mendorong produktivitas pertanian jagung masyarakat Dompu dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close