Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pusri Bangun Pabrik Pupuk Baru

Senin, 12 Maret 2012 – 11:10 WIB
Pusri Bangun Pabrik Pupuk Baru - JPNN.COM
JAKARTA – PT Pusri Palembang (Pusri) menargetkan perolehan laba di atas Rp 1 triliun pada 2012. Tahun lalu, laba Pusri sudah hampir menembus angka Rp 1 triliun. Menurut Direktur Utama PT Pusri Eko Sunarko, produksi pupuk urea dan amonia tahun ini sama dengan tahun lalu.

Dari empat pabrik yang dimiliki PT Pusri, kapasitas produksi urea per tahun sebanyak 2,090 juta ton dan amonia 1,324 juta ton. ”Dengan produksi dan penjualan yang stabil, perolehan laba kita juga tidak akan berbeda-beda jauh,” katanya.

Namun pada 2013, lanjutnya, laba PT Pusri terancam turun. Karena ketika itu harga gas tidak murah lagi. Sekarang Pusri masih membeli US$ 3-4 per MMBTU, tapi di 2013 harganya akan melonjak menjadi US$ 5,6 per MMBTU. Dengan demikian, biaya pembelian bahan baku membengkak, sehingga dapat mengurangi perolehan laba.

”Sebenarnya kalau untuk pupuk bersubsidi tidak masalah. Karena biaya tambahan dibebankan kepada pemerintah. Kita tetap dapat margin 10 persen dari hasil penjualan,” jelas Eko. Yang bermasalah, lanjutnya, adalah pupuk non subsidi, sehingga Pusri harus menghitung ulang cost bahan baku.

JAKARTA – PT Pusri Palembang (Pusri) menargetkan perolehan laba di atas Rp 1 triliun pada 2012. Tahun lalu, laba Pusri sudah hampir menembus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close