Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Putin dan Kim Jong Un Bertemu, Amerika Sebut Rusia Mengemis Bantuan

Selasa, 12 September 2023 – 17:52 WIB
Putin dan Kim Jong Un Bertemu, Amerika Sebut Rusia Mengemis Bantuan - JPNN.COM
Vladimir Putin dan Kim Jong Un. Foto: AAP

jpnn.com, WASHINGTON DC - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menilai pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un adalah bukti Moskow dalam posisi terdesak.

Juru bicara Deplu AS Matthew Miller menyebut pertemuan itu sebagai upaya Rusia mengemis bantuan kepada Korea Utara demi memenangkan perang di Ukraina.

"Dia (Putin) harus menemui seorang paria internasional (Kim) guna meminta bantuan dalam perang yang diharapkan akan dimenangkannya pada awal bulan, saya akan menyebutnya sebagai mengemis bantuan," kata  kepada wartawan saat arahan pers harian.

Meski begitu, dia tidak menampik ada kemungkinan Korea Utara akan diuntungkan pertemuan ini.

"Kami akan memantau dengan cermat hasil dari pertemuan ini. Saya akan mengingatkan kedua negara bahwa setiap transfer senjata dari Korea Utara ke Rusia akan melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Miller.

"Kami, tentu saja, telah secara agresif menerapkan sanksi terhadap entitas yang mendanai upaya perang Rusia, dan kami akan terus menegakkan sanksi tersebut serta tidak akan ragu untuk menerapkan sanksi baru jika diperlukan," dia memperingatkan.

Moskow dan Pyongyang sama-sama mengonfirmasi bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan mengunjungi Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Atas undangan Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin, Ketua Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea, Kim Jong-un, akan melakukan kunjungan resmi ke Federasi Rusia dalam beberapa hari mendatang," kata pernyataan Istana Kepresidenan Rusia.

Moskow dan Pyongyang sama-sama mengonfirmasi bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan mengunjungi Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close