Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Qodari: Jokowi Berpengaruh Strategis Bagi Pemenangan Capres 2024

Kamis, 21 September 2023 – 13:56 WIB
Qodari: Jokowi Berpengaruh Strategis Bagi Pemenangan Capres 2024 - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari berbagai lembaga survei menyentuh angka 80 persen, sementara yang tidak puas hanya 20 persen.

Menurut Qodari, tingginya angka kepuasan tersebut mencerminkan peta suara bagi kandidat calon presiden yang akan bertanding di Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Qodari mengatakan hal itu dapat menjadi penentu arah kemenangan siapapun kandidat yang memiliki aura lebih kuat dengan Jokowi.

Dia meyakini 80 persen masyarakat yang puas itu akan memilih calon yang didukung Presiden Jokowi.

“Sebetulnya kalau kita bicara suara, peta suara pada hari ini pertama-tama bukan peta suara tiga kandidat, tapi peta suara Pak Jokowi, peta suara dari masyarakat, peta opini dari kalangan publik yang puas atau tidak puas dengan Pak Jokowi,” ujar Qodari, dalam sebuah diskusi, dikutip dari Gelora TV, Kamis (21/9/2023).

“Yang puas kepada Pak Jokowi sekarang ini angkanya 80 persen, yang tidak puas 20 persen,” imbuhnya.

Oleh karena itu, bagi Qodari tidak aneh jika kemudian Anies Baswedan bacawapres yang mengusung gagasan perubahan surveinya tertinggal jauh di antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Sebab, masuk pada ceruk masyarakat yang tidak puasa yang hanya berkisar 20 persen.

Qodari mengatakan Jokowi menjadi penentu arah kemenangan siapapun kandidat yang memiliki aura lebih kuat dengan Presiden ke-7 RI itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close