Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Qodari Menilai Prabowo Tokoh Sentral di Koalisi Besar Pilpres 2024

Minggu, 09 April 2023 – 02:03 WIB
Qodari Menilai Prabowo Tokoh Sentral di Koalisi Besar Pilpres 2024 - JPNN.COM
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan koalisi besar Pilpres 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai sosok Prabowo Subianto bakal menjadi tokoh sentral jika koalisi besar Pilpres 2024 benar-benar terbentuk.

Menurut Qodari, ketua umum Partai Gerindra itu Prabowo Subianto bisa menjadi motor penggerak dari gabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Analisis itu disampaikan Qodari saat menakar siapa paling pantas memimpin koalisi besar yang belakangan diwacanakan sejumlah elite parpol pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tokoh sentral atau lokomotif dari koalisi itu adalah Prabowo Subianto karena dia adalah capres paling populer," kata Qodari di Jakarta, Sabtu (8/4).

Dia menyebut ada dua variabel dalam memilih pemimpin dari koalisi besar, antara lain elektabilitas serta representasi perolehan kursi di DPR RI.

Qodari menyebut dari lima partai politik potensial pembentuk koalisi besar, Golkar memang menempati perolehan kursi terbanyak di Senayan.

Akan tetapi, katanya, ketika berbicara Pilpres 2024, maka kunci ada pada siapa calon presidennya.

"Maka dari semua ketua umum dengan elektabilitas paling tinggi dan berpotensi menang adalah Prabowo Subianto," tutur Qodari.

M Qodari menilai Prabowo Subianto bakal jadi tokoh sentral dalam koalisi besar Pilpres 2024 jika gabungan parpol itu benar terbentuk. Begini variabelnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close