Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Qodari: Presiden Jokowi Berhasil dan Mampu Membangun Komunikasi dengan Masyarakat Bawah

Jumat, 21 Juni 2024 – 09:54 WIB
Qodari: Presiden Jokowi Berhasil dan Mampu Membangun Komunikasi dengan Masyarakat Bawah - JPNN.COM
Aktivis sekaligus wirausahawan Muhammad Qodari dan juga Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari merespons temuan survei Litbang Kompas terbaru yang menempatkan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di posisi tertinggi dalam lima tahun terakhir kepemimpinannya.

Qodari mengaku tidak heran dengan hasil survei tersebut. Sebab, tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden Jokowi telah terpotret dari tren hasil survei dari lembaga-lembaga survei lainnya.

“Tingginya hasil survei Kompas mengenai kepuasan kepada Pak Jokowi kan tidak mengherankan karena pertama survei-survei yang dilakukan lembaga lain juga menunjukkan tren yang sama,” ujar Qodari, Jumat (21/6/2024).

Qodari menambahkan tren tingginya kepuasan masyarakat terhadap Presiden Jokowi bukan sesuatu yang baru, karena selama ini masyarakat merasa Presiden Jokowi telah berhasil menjaga kesejahteraan sosial dan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional.

“Yang kedua tren kepuasan ini bukan sesuatu yang baru sudah terjadi dalam setahun atau dalam 2 tahun terakhir ini dan alasan-alasannya pun saya kira jelas bahwa di era Pak Jokowi ini stabilitas politik itu terjaga kemudian kesejahteraan sosial juga bagus, cukup terjamin kemudian pertumbuhan ekonomi juga bisa dipertahankan itu adalah kata-kata kunci bagi pemerintahan Pak Jokowi,” ujar Qodari.

Lebih lanjut, Qodari menuturkan Presiden Jokowi sebagai kepala negara memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Hal itu dibuktikan saat kunjungan kerja maupun saat blusukan ke setiap daerah. Gaya komunikasi Presiden Jokowi, kata Qodari, mudah dipahami masyarakat bawah.

“Di sisi yang lain Pak Jokowi juga sebagai seorang pemimpin memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dengan masyarakat baik lewat kegiatan kunjungan kerja, blusukan maupun cara komunikasi beliau yang memang sangat mudah dipahami oleh masyarakat,” bebernya.

Qodari merespons temuan survei Litbang Kompas terbaru yang menempatkan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi di posisi tertinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close