Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

QRIS Bikin Pembayaran Digital Makin Mudah dan Aman, Peritel Ikut Diuntungkan

Senin, 12 Agustus 2024 – 19:40 WIB
QRIS Bikin Pembayaran Digital Makin Mudah dan Aman, Peritel Ikut Diuntungkan - JPNN.COM
Aplikasi pembayaran digital Posku Lite ikut meramaikan Jateng Affair demi mendukung dan memfasilitasi pelaku bisnis dan UMKM di Provinsi Jawa Tengah dalam memberikan kemudahan dan kecepatan baik untuk pencatatan maupun transaksi usaha yang dijalankan. Foto: dok sumber

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan pihak penyedia teknologi keuangan digital memiliki pandangan yang sama mengenai perkembangan penggunaan transaksi digital di tanah air.

Sekretaris Jenderal Hippindo Haryanto Pratantara menyampaikan perkembangan transaksi digital di Indonesia semakin pesat. Pandemi Covid-19 juga turut jadi pemicu lantaran pembayaran diharuskan tidak menggunakan cash.

"Sekarang semua sudah terbiasa dengan digital payment, yang ternyata lebih mudah. Khususnya, bagi generasi yang lebih muda. Mereka sudah tidak mau repot membawa uang cash yang harus bolak bali ke ATM," ujar Haryanto saat dikonfirmasi wartawan.

Selain itu, kemunculan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) juga dinilai telah mempercepat dan memperluas transaksi digital.

Hal tersebut, ucap Haryanto, merupakan langkah positif karena memberikan konsumen pilihan pembayaran digital yang lebih mudah.

"Karena langsung terkait dengan rekening tabungan mereka. Sedangkan, digital payment lain mengharuskan kita top up di akun digital payment tersebut," tutur Haryanto.

Menurut data Hippindo, transaksi digital seperti QRIS juga dapat meningkatkan jumlah transaksi terhadap para anggotanya. "QRIS ini bisa berkontribusi 30-40 persen dari seluruh payment yang ada," sambungnya.

Haryanto menambahkan bahwa QRIS juga memberikan dampak positif lainnya, seperti memberikan kemudahan pembayaran kepada konsumen. Kemudian, mengurangi administrasi penghitungan uang hasil penjualan secara manual.

Kemunculan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dinilai telah mempercepat dan memperluas transaksi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA