Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rahasia Sehat Penulis Kawakan ini ternyata Sederhana, Cobain Deh

Selasa, 09 Februari 2016 – 11:27 WIB
Rahasia Sehat Penulis Kawakan ini ternyata Sederhana, Cobain Deh - JPNN.COM

MENGINJAK usia 68 tahun, penulis kawakan Arswendo Atmowiloto begitu perhatian terhadap urusan kesehatannya. Yang rutin dia lakukan setiap pekan, antara lain, jalan kaki di sekitar rumahnya di kawasan Petukangan, Jakarta.
Kini Arswendo mulai mencoba menerapkan inovasi baru dalam menjalankan hobinya jalan kaki. ''Saya sekarang kalau sedang olahraga jalan kaki, jalannya pakai ujung kaki. Bahasa Jawa-nya jinjit,'' ujar pria kelahiran Surakarta itu di sela rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Mataram kemarin.
Arswendo menyatakan, memang ada bedanya antara berjalan biasa dan jalan jinjit. Kakinya tidak gampang capek dan lututnya tidak mudah ngilu. Ternyata, dia mendapat informasi bahwa kekuatan menyangga tubuh justru semakin kuat dengan jinjit. ''Saya mendapatkan ilmu ini dari kawan saya, Pak Sofyan Hidayat (Sido Muncul, Red),'' tutur bintang sinetron Ali Topan Anak Jalanan (1997-1998) tersebut.
Dia mempraktikkan jalan sambil jinjit sekitar 400-500 meter. Kemudian kembali berjalan normal. Lalu jalan jinjit lagi. Begitu seterusnya. Di antara efek positifnya, dia mengaku jarang mengalami keluhan sakit kepala. Ilmu lain yang sedang dibiasakan adalah meminum air putih hangat setiap pagi. Konon, dengan cara itu, suplai oksigen di dalam tubuh pada pagi bisa maksimal. (wan/c19/end/pda)

 

MENGINJAK usia 68 tahun, penulis kawakan Arswendo Atmowiloto begitu perhatian terhadap urusan kesehatannya. Yang rutin dia lakukan setiap pekan,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close