Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rakyat Frustrasi, Pro-Mubarak Masih Bergigi

Revolusi Belum Selesai, Kembali Turun ke Jalan Tuntut Perubahan

Minggu, 10 Juli 2011 – 02:50 WIB
Rakyat Frustrasi, Pro-Mubarak Masih Bergigi - JPNN.COM
KAIRO - Perjuangan rakyat untuk mewujudkan transisi demokrasi di Mesir sepertinya belum selesai. Itulah yang terjadi pasca revolusi berdarah di Tahrir Square, Kairo, sejak 25 Januari lalu. Meski revolusi sukses menggulingkan rezim Hosni Mubarak pada 11 Februari, pemerintahan transisi di bawah dewan militer pimpinan Mohamed Hussein Tantawi harus memulai dari nol lagi untuk membangun Mesir.

Sayangnya, proses transisi yang dijalankan oleh mantan menteri pertahanan (menhan) di era Mubarak itu berjalan terlalu lamban. Rakyat Mesir yang ingin perubahan pun mulai bosan.

Jumat lalu (8/7), puluhan ribu warga kembali turun ke jalan. Mereka memadati lapangan Tahrir Square dan jalan-jalan di Kota Kairo sambil meneriakkan yel-yel demokrasi. Warga yang sudah lelah menantikan perubahan di Negeri Piramida tersebut mulai frustrasi. Itu sebabnya warga kembali turun ke jalan. Mereka menganggap unjuk rasa sebagai sarana efektif untuk menuntut janji pemerintahan transisi. Aksi protes juga terjadi di beberapa kota besar lain di sekitar ibu kota, termasuk Alexandria dan Suez.

Wajar jika rakyat Mesir mengeluhkan proses transisi pascarevolusi. Pasalnya, tahapan-tahapan penting menuju era baru yang lebih demokratis itu sepertinya hanya jalan di tempat. Sejak revolusi bergulir sekitar enam bulan lalu sampai sekarang, rakyat belum merasakan perubahan yang signifikan. Bahkan, pemerintahan transisi dikabarkan mulai kehilangan arah. Tidak ingin perjuangan yang merenggut nyawa sedikitnya 850 jiwa itu sia-sia, warga Mesir beraksi.

KAIRO - Perjuangan rakyat untuk mewujudkan transisi demokrasi di Mesir sepertinya belum selesai. Itulah yang terjadi pasca revolusi berdarah di Tahrir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close