Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramadan Datang, Omzet Perajin Kolang-Kaling Berlipat

Minggu, 21 Juni 2015 – 05:25 WIB
Ramadan Datang, Omzet Perajin Kolang-Kaling Berlipat - JPNN.COM
Perajin kolang-kaling di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Radar Cilacap

jpnn.com - MAJENANG - Datangnya Ramadan membawa banyak berkah bagi siapa saja. Salah satu yang ikut menikmati berkah Ramadan adalah perajin kolang-kaling di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah.

Meski kolang-kaling bukan makanan utama bagi masyarakat, namun tiap kali Ramadan, buah yang berasal dari pohon aren itu selalu naik daun dan menjadi buruan warga. Para perajin kolang-kaling di Majenang kini kebanjiran pesanan dari pedagang pasar setempat maupun luar daerah.

“Sehari bisa masak lima drum kolang-kaling,” ujar Turmono, salah satu perajin di Desa Ujungbarang Kecamatan Majenang.

Dia menjelaskan, mengolah biji dari pohon aren itu memang bukan pekerjaan mudah. Pertama kali, kolang-kaling yang masih terbungkus direbus sampai warna kulit berubah menjadi hijau tua. Setelah itu, biji kolang-kaling berwarna putih cerah dikeluarkan dari bawah kulit.

Prosesnya tak berhenti di situ.“Kolang-kaling lalu direndam dengan air beras untuk menghilangkan getah,” ujar.

Meski demikian perajin kolang-kaling tak merasa kesulitan memasarkan bahan baku kolak atau manisan itu saat Ramadan. Pasalnya, pembeli kolang-kaling dari wilayah setempat maupun luar daerah rela datang langsung ke perajin. “Pembeli dari Brebes juga pada ke sini,” ujar Widiantoro, Kepala Dusun Cipancur Desa Ujungbarang.

Menurutnya, harga kolang-kaling selama Ramadan memang menggila. Kolang-kaling yang di hari biasa dijual hanya Rp 3.500 per kilogram, saat puasa harganya naik 100 persen dan mencapai Rp 7 ribu per kilogram.

Kondisi inilah yang kemudian dimanfaatkan warga setempat untuk mencari penghasilan tambahan. “Tiap Ramadan harganya naik seratus persen,” katanya.

MAJENANG - Datangnya Ramadan membawa banyak berkah bagi siapa saja. Salah satu yang ikut menikmati berkah Ramadan adalah perajin kolang-kaling di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close