Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramadan Tiba, Pengemis Musiman Bermunculan

Selasa, 09 Juli 2013 – 08:14 WIB
Ramadan Tiba, Pengemis Musiman Bermunculan - JPNN.COM
MATARAM-Datangnya bulan Ramadan disambut sejumlah pengemis. Mereka mulai menghiasi beberapa sudut kota. Mereka terlihat menengadahkan tangan pada setiap pengendara yang berhenti di lampu merah. Pemandangan seperti itu bisa dilihat di Jalan Airlangga, Jalan Pejanggik, dan Jalan Sriwijaya.

Salah satu pengemis yang beroperasi di Jalan Airlangga adalah Mulyadi, 70 tahun. Warga Bertais ini  tidak bisa berjalan normal dan harus menggunakan tongkat untuk bisa berdiri. Kondisi Mulyadi yang memprihatinkan membuat para pengendara kasihan dan memberikan uang recehan. Uang pecahan yang didapatkan Mulyadi bervariasi mulai dari pecahan Rp 500 hingga Rp 10 ribu.

Mulyadi mengaku hanya mengemis saat bulan puasa tiba. Sedangkan hari-hari biasa, ia hanya bisa terbaring di rumahnya. Mengemis di bulan puasa dirasa sangat menguntungkan karena kecendurngan orang lebih murah memberikan uangnya. ”Bulan puasa saja, kalau hari biasa saya di rumah,” katanya terbata-bata.

Di usianya yang renta, Mulyadi sudah tidak mampu bekerja. Ia menggantungkan hidupnya pada anaknya. Mulyadi mulai standby di perempatan AMM, Jalan Airlangga sekitar pukul 07.00 Wita hingga pukul 17.00 wita. ”Ke sini pake bemo kuning, pulangnya juga pake bemo kuning,” katanya.

MATARAM-Datangnya bulan Ramadan disambut sejumlah pengemis. Mereka mulai menghiasi beberapa sudut kota. Mereka terlihat menengadahkan tangan pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close