Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Rancang Bungker untuk Rakit Senjata dan Bom, 12 Terduga Teroris Jatim Sudah Siap Aksi Amaliah

Senin, 01 Maret 2021 – 15:17 WIB
Rancang Bungker untuk Rakit Senjata dan Bom, 12 Terduga Teroris Jatim Sudah Siap Aksi Amaliah - JPNN.COM
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (1-3-2021). ANTARA/Laily Rahmawaty

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan 12 terduga teroris yang ditangkap di Provinsi Jawa Timur (Jatim) itu merupakan kelompok Jamaah Islamiyah yang berafiliasi dengan Al-Qaeda.

"Aktivitas kelompok ini adalah kelompok Jamaah Islamiyah, tentunya berafiliasi kepada Al-Qaeda," kata Rusdi dalam jumpa pers di Mabes Polri Jakarta, Senin (1/3).

Rusdi menjelaskan bahwa kelompok ini sudah melakukan aktivitas berupa latihan bela diri, bahkan merancang bungker untuk pembuatan senjata dan bom. 

Menurut Brigjen Rusdi, terduga teroris itu juga mempersiapkan tempat penyimpanan senjata hingga tempat pelarian setelah melakukan aktivitas terorisme.

Rusdi menegaskan kelompok teroris ini diduga telah merencanakan aksi amaliah. "Mereka juga telah berencana melakukan amaliah," ujar jenderal bintang satu ini.

Hanya saja, Rusdi belum menjelaskan secara terperinci mengenai bentuk maupun lokasi dan waktu aksi amaliah yang akan dilakukan kelompok ini.

Menurutnya, saat ini Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri masih melakukan pendalaman.

"Bentuknya apa dan sasarannya mana masih pendalaman dari Densus. Nanti akan kami sampaikan," ungkap Rusdi.