Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Ayam di Riau Terjangkit Flu Burung, Warga Jangan Panik

Senin, 27 Maret 2023 – 13:26 WIB
Ratusan Ayam di Riau Terjangkit Flu Burung, Warga Jangan Panik - JPNN.COM
Ilustrasi petugas kesehatan memeriksa kondisi unggas sebagai antisipasi penyebaran flu burung. Foto: Antara/Reuters

jpnn.com, PEKANBARU - Ratusan ayam mati mendadak akibat terjagkit virus flu burung di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau drh Faralinda Sari mengaku sudah mendapat laporan dari wilayah Kampar terkait kematian ayam.

Setelah dilakukan pengeceka oleh petugas ke lokasi, disimpulkan bahwa kematian ratusan ayam itu dinyatakan positif H5N1 atau flu burung.

"Ayam mati mendadak di Desa Koto Masjid, XIII Koto Kampar itu positif flu burung/avian influenza (H5N1)," kata drh Faralinda Senin (27/3).

Kematian unggas di wilayah Kampar masih terjadi. Sejauh ini pihak terkait belum menerima ada laporan kasus serupa dari daerah lain.

"Kami imbau masyarakat tetap waspada, terutama saat bersentuhan dengan unggas. Intinya jaga pola hidup bersih," jelasnya.

Masyarakat yang mendapati ada ayam ternaknya mati mendadak diminta melaporkan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan daerah masing-masing atau ke petugas Puskeswan setempat.

"Diharapkan agar warga menjalankan biosekuriti di wilayah kandang. Mulai dari pembatasan lalu lintas orang dari luar, menempatkan cairan desinfektan di wilayah masuk awal peternakan," tuturnya.

Virus Flu Burung mewabah di wilayah Kabupaten Kampar, Riau. Ratusan ayam ternak mati mendadak di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close