Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Mahasiswa di Banten juga Turun ke Jalan Tolak RUU Pilkada

Kamis, 22 Agustus 2024 – 20:53 WIB
Ratusan Mahasiswa di Banten juga Turun ke Jalan Tolak RUU Pilkada - JPNN.COM
Ratusan mahasiswa di Banten turun ke jalan demo di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan melakukan long march ke lampu merah Ciceri, Kota Serang, Banten, Kamis (22/8/2024). (ANTARA/Desi Purnama Sari)

jpnn.com - SERANG - Aksi unjuk rasa menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) tidak hanya berlangsung di DKI Jakarta.

Ratusan massa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banten juga turun ke jalan menyuarakan penolakan terhadap RUU Pilkada yang dinilai tidak memperhatikan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Massa aksi tergabung Aliansi Mahasiswa Pemuda Untuk Rakyat (Ampera). Mereka berkumpul di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan melakukan long march ke lampu merah Ciceri, Kota Serang, Banten, Kamis (22/8).

Para mahasiswa tetap bertekad menolak RUU Pilkada dan mengawal putusan MK meski DPR telah menyatakan menunda rapat paripurna pengesahan RUU Pilkada.

Perwakilan Aliansi Mahasiswa Pemuda Untuk Rakyat (Ampera) Nurlatif mengatakan segala bentuk konstitusi milik rakyat harus ditegakkan.

"Sebenarnya untuk tidak dilanjutkan dan mematuhi putusan MK. Jika direvisi gerakan demo ini bukan hanya sekali tetapi akan turun hingga ke nasional," katanya.

Menurut Nurlatif hal yang diperjuangkan para mahasiswa bukan tentang pilkada tetapi demokrasi dan konstitusi.

Dia menyebut gerakan yang dilakukan rezim saat ini telah mencederai konstitusi dan demokrasi.

"Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan tidak hanya menyita hak mahasiswa tetapi seluruh elemen masyarakat Indonesia," katanya.

Untuk aksi selanjutnya mahasiswa sedang berkoordinasi.

"Kami bukan satu kampus tetapi berbagai organisasi dan lintas kampus akan kembali turun ke jalan secara besar-besaran. Karena ini sudah darurat demokrasi," katanya.

Ratusan mahasiswa di Banten juga turun ke jalan menyuarakan penolakan terhadap pengesahan RUU Pilkada menjadi undang-undang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA