Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Pramuka Saka Bahari Dididik di Kapal Perang

Minggu, 02 September 2018 – 06:56 WIB
Ratusan Pramuka Saka Bahari Dididik di Kapal Perang - JPNN.COM
Prajurit TNI AL mendidik ratusan Pramuka Saka Bahari perwakilan dari propinsi seluruh Indonesia di atas kapal perang TNI AL yang sedang berlayar menuju Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Dispenal

jpnn.com, SURABAYA - Prajurit TNI AL mendidik ratusan Pramuka Saka Bahari perwakilan dari propinsi seluruh Indonesia di atas kapal perang TNI AL yang sedang berlayar menuju Nusa Tenggara Barat (NTB). Para pramuka on board di kapal perang dalam rangka mendukung dan berpartisipasi menyukseskan Sail Moyo Tambora 2018 yang dipusatkan di pelabuhan Badas, pulau Sumbawa, NTB.

Para Pramuka Saka Bahari tersebut tergabung dalam kegiatan “Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara-8)” akan berlayar kurang lebih selama tiga minggu dengan kapal perang menuju Pulau Lombok, Pulau Sumbawa dan Pulau Medang di wilayah Propinsi NTB.

Satuan Tugas (Satgas) Pelantara-8 berangkat pada 29 Agustus 2018 dari Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya, dilepas oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL Brigjen TNI Marinir Bambang Sutrisno.

Bertindak sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) pada Pelantara – 8 yaitu Kolonel Laut (P) Sukrisno yang sehari-hari menjabat Kepala Sub Dinas Pembinaan Kemampuan (Kasubdispuan) Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar). Pelayaran ini menggunakan unsur TNI AL KRI Teluk Bintuni-520 yang dikomandani Mayor Laut (P) Suroto.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) dalam keterangan tertulisnya menyebutkan kegiatan Pelantara–8 yang masih bagian dalam kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 ini, memiliki tujuan melaksanakan pembinaan terhadap generasi muda Saka Bahari dalam rangka “Nation Character Building”. Selain pramuka Saka Bahari, Kegiatan Pelantara-8 ini diikuti juga Bela Negara Kementerian Pertahanan RI dan Putra-putri Maritim (PPMI) dan mahasiswa Polimarin.

Kegiatan Pelantara-8 rencananya antara lain bakti sosial dan peduli lingkungan, kunjungan kerja, temu tokoh masyarakat, mengikuti pembekalan dari pejabat wilayah yang dikunjungi, wisata sejarah, pentas seni budaya, dan karnaval nusantara. Selain tiu, sosialisasi dan pembekalan di sekolah-sekolah, penyerahan bahan kontak dan Kemah Pesisir serta ikut partisipasi pada acara puncak Sail Moyo Tambora 2018 tanggal 9 September di pelabuhan Badas yang rencananya dihadiri Presiden RI Joko Widodo.(fri/jpnn)

Prajurit TNI AL mendidik ratusan Pramuka Saka Bahari perwakilan dari propinsi seluruh Indonesia di atas kapal perang TNI AL yang sedang berlayar menuju NTB.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close