Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Ribu Orang Ditolak Masuk Jakarta

Selasa, 26 Mei 2020 – 18:20 WIB
Ratusan Ribu Orang Ditolak Masuk Jakarta - JPNN.COM
Fasilitas karantina yang disiapkan Pemerintah Kota Jakarta Pusat di Gedung Auditorium Gelanggang Remaja Gambir bagi pendatang dari luar Jakarta tanpa SIKM, Selasa (26/5/2020). Foto: ANTARA/HO/Kominfotik J

jpnn.com, JAKARTA - Sejak dibuka pada Jumat(15/5) hingga hari ini terdapat 247.118 user berhasil mengakses perizinan SIKM dari laman corona.jakarta.go.id. Dari jumlah itu yang memenuhi syarat hanya 1.213.

"Untuk permohonan SIKM, terjadi lonjakan pada hari terakhir Ramadan, sampai dengan per 1 Syawal 1441 Hijriah dengan total 1.772 permohonan SIKM kami terima hanya dalam waktu 24 Jam" ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Benni Aguscandra dalam keterangannya, Selasa (26/5).

Lebih lanjut, Benni mengatakan hingga Selasa ini tercatat ada 6.347 permohonan SIKM yang diterima.

Di antaranya terdapat 179 permohonan masih dalam proses karena baru saja diajukan pada malam sampai Selasa pagi tadi, sehingga Pemprov DKI Jakarta masih terus melakukan penelitian administrasi dan penelitian teknis terhadap permohonan perizinan SIKM tersebut.

Adapun permohonan yang telah dilakukan penelitian administrasi dan penelitian teknis didapatkan verifikasi sebagai berikut: 661 permohonan menunggu divalidasi penjamin/penanggungjawab; 4.294 permohonan ditolak/tidak disetujui dan 1.213 permohonan dinyatakan telah memenuhi persyaratan sehingga SIKM dapat diterbitkan secara elektronik.

Adapun permohonan yang ditolak, dikarenakan pemohon tidak dapat memenuhi ketentuan proses verifikasi dalam penelitian administrasi dan penelitian teknis perizinan.

"67,5 persen dari total permohonan SIKM, kami tolak/ tidak disetujui, pada umumnya karena tidak memenuhi ketentuan substansial," ucap Benni.

Benni mencontohkan banyak pemohon ber-KTP Jabodetabek dan melakukan aktivitas bepergian sesuai dengan 11 sektor yang diizinkan dan aktivitasnya tersebut berada di wilayah Jabodetabek.

Sejak dibuka pada Jumat(15/5) hingga hari ini terdapat 247.118 user berhasil mengakses perizinan SIKM (Surat Izin Keluar-Masuk).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close