Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dies Natalis UWM, Sri Sultan Hamengku Buwono IX Dikenang Civitas Akademika

Selasa, 05 Oktober 2021 – 23:59 WIB
Dies Natalis UWM, Sri Sultan Hamengku Buwono IX Dikenang Civitas Akademika - JPNN.COM
Rangkaian acara Dies Natalis Universitas Widya Mataram (UWM), Selasa (5/10). Foto: Dokumentasi UWM

jpnn.com, YOGYAKARTA - Dies Natalis ke-39 Universitas Widya Mataram (UWM) diperingati untuk mengenang inisiator pendidikan Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX.

Sebab, Sri Sultan HB IX dikenal dengan kemajuan berpikir dan keinginannya untuk memiliki kader-kader bangsa yang berintelektual dan berbudaya tinggi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ngarso Dalem itu mendirikan perguruan tinggi pada 7 Oktober 1982, yaitu Universitas Widya Mataram.

Dalam ziarah yang diadakan di makam Sri Sultan HB IX dan Sri Sultan HB VII pada Pemakaman Raja Imogiri, Rektor UWM Prof Edy Suandi Hamid mengatakan semangat Sri Sultan HB IX harus terus hidup dalam memajukan pendidikan nasional.

"UWM diharapkan mampu menghasilkan sarjana, calon pemimpin bangsa yang memegang prinsip hamemayu hayuning bawana, berwatak ksatria, menghayati, dan melaksanakan nilai-nilai moral sawiji, yaitu teguh atau istiqomah, greget atau semangat, sengguh ora mingkuh atau rendah hati dan bertanggung jawab,” kata Edy, Selasa (5/10).

Edy mengenang Sri Sultan HB IX sebagai sosok yang memiliki jejak peran yang besar karena dia pernah menjadi pendukung berdirinya Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 16 Desember 1949 sebelum mendirikan UWM.

Saat itu, UGM memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan.

Kegiatan perkuliahan masa itu dilakukan di Sitinggil, Pagelaran, sebagian Mangkubumen, dan Kraton Yogyakarta.

Dies Natalis ke-39 Universitas Widya Mataram (UWM) diperingati untuk mengenang inisiator pendidikan Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close