Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rayakan Ultah, Korps Marinir Gelar Atraksi

Rabu, 19 November 2008 – 01:36 WIB
Rayakan Ultah, Korps Marinir Gelar Atraksi - JPNN.COM
HUT MARINIR ke-63: Personel korp Marinir menunjukkan atraksi beladiri usai upacara peringatan HUT Marinir ke-63 di Mako Marinir, Cilandak, Jakarta, kemarin (18/11). Peringatan HUT Marinir dimeriahkan dengan atraksi terjun bebas dan beladiri dengan inspektur upacara KSAL Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdjianto. FOTO: RIDLWAN HABIB/ JAWA POS
JAKARTA - Korps Marinir merayakan ulang tahun ke-63 di Lapangan Brigif 2 Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (18/11). Berbeda dengan tahun lalu yang dirayakan besar-besaran di Surabaya, perayaan tahun ini lebih sederhana. Meski begitu, atraksi beladiri, defile kendaraan tempur, dan terjun payung pasukan khusus TNI-AL cukup memukau tamu undangan.

Upacara dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Tedjo Edhi Purdijatno. Ribuan prajurit sudah berada di lapangan sejak pukul tujuh pagi. ”Kita bangga karena Marinir bisa eksis meski dengan kendaraan tempur yang cukup tua, bahkan hampir setengah abad,” ujar KSAL setelah upacara. Dalam defile ditampilkan tank BTR 50 buatan 1958. Ada juga kendaraan tempur PT 76 buatan Rusia 1958 yang masuk ke Indonesia pada 1962.

Tedjo berharap kendaraan pesanan dari Rusia segera datang. ”Ada tank BMP 3 F yang kita pesan. Moga-moga tahun depan sudah bisa operasional,” katanya. Menurut KSAL pertama dari lingkungan penerbang helikopter tempur itu, Marinir sangat dibutuhkan bagi pertahanan garis depan Indonesia. ”Di pos-pos perbatasan, itu yang jaga Marinir. Di mana-mana Marinir selalu dekat dengan rakyat,” katanya.

Saat ditanya soal situasi Ambalat, KSAL memastikan Marinir yang berjaga di pos terluar berada dalam posisi siaga. ”Untuk sementara ini tidak ada penambahan pasukan di sana. Tapi, kalau dibutuhkan, kita siap sewaktu-waktu,” kata Tedjo.

JAKARTA - Korps Marinir merayakan ulang tahun ke-63 di Lapangan Brigif 2 Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (18/11). Berbeda dengan tahun lalu yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA