Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Refleksi Akhir Tahun, BPIP Terus Konsisten Membumikan Pancasila

Senin, 18 Desember 2023 – 23:22 WIB
Refleksi Akhir Tahun, BPIP Terus Konsisten Membumikan Pancasila - JPNN.COM
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi saat menghadiri acara Refleksi Akhir Tahun 2023 Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Senin (18/12).

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus konsisten dalam pengarusutamakan nilai-nilai Pancasila bagi kementerian, lembaga negara, dan masyarakat.

Pembumian nilai Pancasila yang dilakukan BPIP melalui berbagai kegiatan dan program dengan tugas membantu presiden dalam merumuskan arah kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"BPIP juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan" ujar Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi saat membuka acara Refleksi Akhir Tahun 2023 BPIP, Senin (18/12).

Lebih dari itu, lanjut Prof Yudian, BPIP selalu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik.

"Sepanjang tahun 2023, BPIP tentunya telah melewati berbagai macam tantangan. Ada yang tersimpan sebagai motivasi, dan ada pula yang menjadi pembelajaran", ujar Prof Yudian.

Prof Yudian menyebutkan beberapa program dan kegiatan prioritas, di antaranya BPIP bersama Kemendikbudristek telah resmi meluncurkan Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila pada 28 Agustus 2023.

"Ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mengamanatkan pemberlakuan Mata Ajar Pancasila sebagai mata ajar wajib dari PAUD sampai dengan perguruan tinggi," terangnya.

Sejalan dengan adanya mata ajar wajib Pendidikan Pancasila, BPIP semakin masif menyiapkan tenaga pendidik, pengajar, dan penceramah Pancasila yang andal dan berkompeten.

Prof Yudian Wahyudi menyampaikan BPIP terus konsisten membumikan Pancasila di berbagai daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close