Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Regulasi Baru Segera Berlaku, Bea Cukai Pastikan Lapor BKC Selesai Dibuat Makin Mudah

Rabu, 25 Januari 2023 – 22:36 WIB
Regulasi Baru Segera Berlaku, Bea Cukai Pastikan Lapor BKC Selesai Dibuat Makin Mudah - JPNN.COM
Regulasi baru berupa Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 161/PMK.04/2022 akan memberikan kepastian hukum serta kemudahan bagi para pengusaha barang kena cukai (BKC) dalam menjalankan usaha dan pengelolaan administrasinya. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai telah melakukan kajian substantif sebagai upaya penyempurnaan ketentuan terkait pemberitahuan barang kena cukai (BKC) yang selesai dibuat.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian hukum serta kemudahan bagi para pengusaha BKC dalam menjalankan usaha dan pengelolaan administrasinya.

Hasilnya, pemerintah melalui Kementerian Keuangan pun telah menerbitkan ketentuan baru melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 161/PMK.04/2022 tentang Pemberitahuan Barang Kena Cukai yang Selesai Dibuat.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto menyampaikan PMK 161/PMK.04/2022 merupakan penyempurnaan ketentuan sebelumnya, yaitu PMK Nomor 134/PMK.04/2019.

Dia menegaskan regulasi baru tersebut mulai berlaku pada 13 Februari 2023 mendatang.

"Sebagai petunjuk teknis pelaksanaan, Bea Cukai telah menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal Nomor 24/BC/2022 tentang Tata Cara Pemberitahuan Barang Kena Cukai yang Selesai Dibuat," kata Nirwala melalui keterangan, Rabu (25/1).

Nirwala mengingatkan pengusaha pabrik wajib memberitahukan secara berkala kepada Bea Cukai mengenai BKC yang selesai dibuatnya (dokumen CK-4).

Pasalnya, hal ini akan berhubungan dengan pungutan cukai yang akan dikenakan terhadap BKC yang telah selesai dibuat tersebut.

Bea Cukai memastikan lapor BKC selesai dibuat makin mudah sering diberlakukannya regulasi baru sejak 13 Februari 2023 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close