Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rekomendasi Rakernas PDIP terkait BPOM Sejalan dengan Kebijakan Presiden Jokowi

Kamis, 16 Januari 2020 – 17:22 WIB
Rekomendasi Rakernas PDIP terkait BPOM Sejalan dengan Kebijakan Presiden Jokowi - JPNN.COM
Rakernas I PDIP Tahun 2020. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Pengurus Harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Tulus Abadi mengungkapkan rekomendasi Rakernas I PDIP Tahun 2020 terkait Badan POM sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi yang ingin memperkuat pengawasan baik pre market control dan post market control.

Tulus menyinggung wacana kemenkes akan mengambil alih izin edar obat-obatan dari BPOM.

“Kalau Kemenkes mau menarik kembali izin edar, tidak sesuai dengan semangat reformasi birokrasi. Pengawasan pre market control oleh Kemenkes juga tidak sejalan dengan spirit otonomi daerah, yaitu, antara Kemenkes dengan Dinkes di daerah tidak ada lagi garis komando. Sebab Dinkes garis komandonya di bawah Pemda setempat. Bahkan, secara internasional, tidak ada di negara manapun model pengawasan yang terpisah antarkementerian/lembaga,” tutur Tulus, Kamis (16/1).

Tulus mengatakan, apabila Kemenkes tetap bersikukuh untuk menarik wewenang Badan POM, maka pemerintah dalam hal ini Kemenkes membuat tiga kecacatan yaitu yuridis, politis dan sosiologis.

“Yuridis berarti kembali pada pola lama, ketka Badan POM masih berupa Dirjen POM di bawah Kemenkes, sosiologisnya, pengawasan pra pasar oleh Kemenkes justru akan memperlemah pengawasan itu sendiri, dan endingnya akan memperlemah perlindungan pada konsumen dan politisnya, membangkang kebijakan Presiden Jokowi,” ujarnya.

Pengamat Kebijakan Publik Riant Nugroho mengatakan, pembuatan kebijakan publik harus didasarkan pada ilmu dan bukan pada kemauan belaka.

“Jadi kebijakan publik itu merupakan kontinuitas yang berarti tidak ganti kekuasaan ganti kebijakan. Jangan karena sedang berkuasa lalu ingin begini dan begitu tanpa memikirkan emosi, substansi dan metodologi,” kata Riant.

Menurut Riant, dalam kehidupan bernegara masyarakat berhak mendapatkan kebijakan yang unggul dalam kehidupan pribadi dan bersama.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mendukung rekomendasi Rakernas PDIP terkait BPOM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close