Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rem Mobil Blong saat Turunan, Begini Cara Mengantisipasinya, Simak

Jumat, 17 Mei 2024 – 09:54 WIB
Rem Mobil Blong saat Turunan, Begini Cara Mengantisipasinya, Simak - JPNN.COM
Toyota Fortuner mengalami kecelakaan yang mengakibatkan 4 orang penumpang meninggal dunia. ilustrasi. ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/nym.

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan ini terjadi kecelakaan sebuah Toyota Fortuner yang mengakibatkan 4 orang penumpang meninggal dunia.

Kecelakaan itu terjadi di kawasan Bromo, Jawa Timur, yang diduga rem blong, sehingga mobil SUV tersebut jatuh ke jurang di kawasan hutan Taman Bromo tengger Semeru (TNBTS).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan mengemudi mobil di jalan turunan pengemudi harus memiliki kemampuan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan.

Pasalnya rem blong tidak begitu saja langsung terjadi, ada sejumlah gejala pada kendaraan yang terjadi ketika penggereman itu bermasalah.

"Rem rem blong sebenarnya tidak serta merta langsung blong. Ada gejala seperti pedal keras, mompa pedal, dan bergetar," kata Sony saat dihubungi JPNN.com belum lama ini.

Dia menambahkan biasanya pengemudi bisa merasakan ketika mobil mengalami masalah.

Namun, kata dia, kebanyakan pengemudi tak peduli dengan gejala tersebut, karena dianggap faktor lain.

"Biasanya sudah terbaca hanya pengemudi biasanya cuek, dianggap karena faktor lain," tuturnya.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan mengemudi mobil di jalan turunan pengemudi harus memiliki kemampuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close