Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rencana Khusus KSAU untuk Calon Pilot Jet Tempur Rafale

Jumat, 04 Maret 2022 – 21:01 WIB
Rencana Khusus KSAU untuk Calon Pilot Jet Tempur Rafale - JPNN.COM
Pesawat tempur Dassault Rafale. Foto: dassault-aviation.com

jpnn.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) tengah menyiapkan skema pelatihan bagi para calon pilot untuk pesawat tempur Dassault Rafale yang belum lama ini dibeli Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengungkapkan pendidikan bagi pilot yang akan menerbangkan jet buatan Prancis itu bakal dilaksanakan di dua negara.

"Latihannya sendiri akan dilaksanakan di Prancis dan di dalam negeri," kata Marsekal Fadjar kepada awak media di sela-sela Rapim TNI AU Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (4/3).

Namun, Fadjar belum memerinci kebutuhan pilot untuk Rafale. Alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) hanya menyebut TNI AU punya kriteria khusus tentang prajurit yang layak menerbangkan pesawat tempur buatan Dassault Aviation itu.

"Kami memang belum tentukan jumlahnya, tetapi secara kriteria kami sudah siapkan dan yang eligible (memenuhi syarat, red) untuk bisa berangkat," beber dia.

Sebelumnya, Kemenhan memesan 42 Dassault Rafale generasi 4,5 dari Prancis. Kontrak pertama pemesanan itu berupa pembelian 6 Rafale.(ast/jpnn)

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo menyatakan ada kriteria khusus bagi pilot yang akan menerbangkan jet tempur Rafale buatan Prancis.

Redaktur : Antoni
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close