Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resepnya, Pakai Bumbu Kualitas Nomor Satu

Jumat, 01 Maret 2013 – 08:17 WIB
Resepnya, Pakai Bumbu Kualitas Nomor Satu - JPNN.COM
Catharina Oehler dan Andi Oehler pemilik cathering dan restaurant pasar Indonesia yang tinggal di Basel, Swiss. Foto: YUYUNG ABDI/JAWA POS
MENEMBUS pasar Eropa adalah idaman hampir setiap pengusaha. Namun, perempuan asal Kalibutuh, Surabaya, Catharina Oehler, mewujudkan impian itu sejak 15 tahun lalu. Bahkan, dia melakukannya di jantung Eropa, Swiss.

Inilah laporan wartawan Jawa Pos ABDUL ROKHIM yang meliput Pameran Muba 2013 di Basel, Swiss, 22 Februari-3 Maret nanti.

Bagi orang Asia, khususnya Indonesia, butuh kesabaran ekstra untuk tinggal berlama-lama di Basel, Swiss. Bukan karena kota di perbatasan Jerman dan Prancis itu tidak nyaman. Kota tersebut sangat nyaman. Fasilitas publik terawat dengan baik dan pemandangan kota sangat indah.

Masalah yang bisa dianggap sepele tapi serius ada dua. Yakni, suhu dingin yang menusuk tulang serta harus mau berkompromi dengan selera makan. Suhu dingin tentu tidak bisa diubah. Lain lagi dengan soal makanan. Di kota tempat raksasa produsen bahan kimia BASF dan raksasa farmasi Novartis bermarkas tersebut, sulit sekali menemukan dan membuat makanan yang kaya bumbu seperti di negara-negara Asia, khususnya Indonesia.

MENEMBUS pasar Eropa adalah idaman hampir setiap pengusaha. Namun, perempuan asal Kalibutuh, Surabaya, Catharina Oehler, mewujudkan impian itu sejak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA