Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resesi Global Dapat Dihindari

Rabu, 08 Oktober 2008 – 10:40 WIB
Resesi Global Dapat Dihindari - JPNN.COM
MANILA - Mantan Managing Director IMF (Dana Moneter International) Michel Camdessus berupaya menenangkan kekhawatiran terhadap ancaman resesi global. Menurut dia, resesi global dapat dihindari melalui perencanaan yang terkoodinasi. Ini demi mengembalikan kepercayaan pasar yang hancur akibat krisis subprime mortgage di AS.

Pernyataan itu disampaikan Camdessus dalam jumpa pers di Manila, Filipina, Selasa (7/10). Dia mengatakan, demi membangun kembali kepercayaan pasar internasional, pemulihan (recovery) diperkirakan bisa terjadi akhir tahun ini.

Pria yang sempat membidani resolusi saat krisis Asia satu dekade lalu itu memuji pertumbuhan Asia. Ekonomi dunia diperkirakan bisa tertolong sehingga tumbuh sekitar 3 persen tahun depan. ''Ini berarti, berkat dinamisme Asia, dunia akan terhindar dari resesi,'' katanya. Tapi, lanjut dia, pelemahan aktivitas ekonomi dunia bakal kian nyata.

Secara pribadi, Camdessus meramalkan AS dan negara-negara maju lain akan menderita technical recession. Meski begitu, dia melihat bahwa pertumbuhan ekonomi Asia akan menjadi faktor konstan. ''Kami harus perluas kompetensi dan hak hukum atas transaksi finansial daripada menjaga tetap terbatas pada aspek moneter dan untuk keseimbangan neraca pembayaran,'' katanya.

MANILA - Mantan Managing Director IMF (Dana Moneter International) Michel Camdessus berupaya menenangkan kekhawatiran terhadap ancaman resesi global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close