Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resmikan Guest House Desa Wisata Pujon Kidul, Gus Menteri: Ini Luar Biasa

Jumat, 27 November 2020 – 18:05 WIB
Resmikan Guest House Desa Wisata Pujon Kidul, Gus Menteri: Ini Luar Biasa - JPNN.COM
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meresmikan guest house yang dikelola BUMDes Sumber Sejahtera Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jumat (27/11). Foto: humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, MALANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan guest house yang dikelola BUMDes Sumber Sejahtera Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang.

Mendes Abdul Halim berharap penginapan yang baru diluncurkan dan berada di tengah-tengah kawasan Desa Wisata itu dapat menambah pemasukan bagi Desa Pujon Kidul.

"Ini luar biasa sekali, BUMDes-nya sudah punya sepuluh unit usaha," kata Mendes Abdul Halim Iskandar sembari menikmati pemandangan di Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jumat (27/11).

BUMDes Sumber Sejahtera saat ini telah resmi memiliki 10 unit usaha, di antaranya Air Meterisasi, Tabungan Masyarakat, Kredit Usaha Mikro, Cafe, Wisata Edukasi, Pengolahan Sampah Terpadu, Pertanian dan yang terbaru adalah Live In atau Guest House.

Dari puluhan unit usahanya itu, BUMDes Sumber Sejahtera berhasil menyumbang pendapatan desa Pujon Kidul kurang lebih Rp 1,7 Miliar setiap tahunnya.

Gus Menteri-panggilan Abdul Halim menjelaskan, setiap BUMDes diperbolehkan memiliki unit usaha sebanyak-banyaknya dengan catatan tetap memperhatikan potensi yang ada di desa tersebut.

"Yang tidak boleh itu satu desa punya lebih dari satu BUMDes, kalau BUMDes bersama tidak apa-apa banyak, gabung dengan desa sebelah itu boleh," pungkasnya.

Pujon Kidul merupakan desa di Kabupaten Malang yang memiliki destinasi wisata, dan lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer atau dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat kota.

BUMDes Sumber Sejahtera memiliki 10 unit usaha yang menyumbangkan uang miliaran untuk pendapatan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close