Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Jokowi: Produksi Naik jadi 1,3 Juta Ton

Sabtu, 16 Desember 2023 – 10:22 WIB
Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Jokowi: Produksi Naik jadi 1,3 Juta Ton - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek ekspansi pengolahan dan pemurian (smelter) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/12). Foto: dok PTFI

jpnn.com, GRESIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek ekspansi pengolahan dan pemurian (smelter) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/12).

Smelter yang beroperasi di bawah bendera PT Smelting itu merupakan hasil kerja sama antara PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Mitsubishi, yang mendukung hilirisasi.

Nantinya, smelter itu akan menggelola tembaga yang dihasilkan PTFI.

Jokowi mengatakan adanya smelter PTFI itu produksi tembaga naik menjadi 1,3 juta ton per tahun.

“Saya sangat mengapresiasi upaya PTFI meningkatkan kapasitas pemurnian tembaga di PT Smelting yang naik dari 1 juta menjadi 1,3 juta ton per tahun," ujar Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu berharap dengan pembangunan PTFI Smelter di Manyar, tambah lagi 1,7 juta ton per tahun. Artinya smelter di Indonesia dapat memurnikan 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

Jokowi mengungkapkan bahwa dengan meningkatnya nilai tambah, maka akan muncul industri-industri baru.

“Dengan upaya hilirisasi ini, yang kami harapkan lagi adalah munculnya industri baru dari produk-produk turunan tembaga tersebut, seperti copper foil. Semuanya harus dihilirisasikan agar nilai tambah dan kesempatan kerja itu ada di negara kita,” tambah Jokowi.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas menjelaskan ekspansi kapasitas produksi PT Smelting oleh PTFI merupakan salah satu bagian realisasi komitmen perusahaan dalam mendorong percepatan program hilirisasi produk tambang di Indonesia dan menciptakan nilai tambah ekonomi domestik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek ekspansi pengolahan dan pemurian (smelter) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close