Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Ketua MPR Bamsoet terhadap 3 Isu Aktual terkait COVID-19

Rabu, 13 Mei 2020 – 08:18 WIB
Respons Ketua MPR Bamsoet terhadap 3 Isu Aktual terkait COVID-19 - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah diketahui menyiapkan kajian tahapan pembukaan aktivitas bisnis dan kegiatan masyarakat terkait dengan fase pemulihan ekonomi nasional dalam masa pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan sejumlah hal.

Pertama, mendorong Kementerian dan Lembaga terkait untuk mematangkan kajian tersebut dan melakukan pembahasan secara intens terhadap kebijakan mikro dan makro perekonomian nasional hingga tahap finalisasi, dengan memperhatikan pada asumsi perkembangan penanganan wabah Covid-19.

Kedua, meminta pemerintah agar dalam membuka tahapan aktivitas bisnis dan kegiatan masyarakat, tetap memperhatikan perkembangan penyebaran maupun kurva penurunan Covid-19 di setiap daerah, agar jangan sampai mengganggu upaya penanggulangan wabah Covid-19.

Ketiga, menghimbau pemerintah terus berupaya untuk menurunkan kurva penyebaran Covid-19 pada bulan ini apabila tahapan yang disampaikan dalam kajian tersebut akan dilaksanakan pada Juni mendatang.

Keempat, mendorong pemerintah agar dalam membuka aktivitas perekonomian dilakukan secara perlahan guna mewaspadai gelombang kedua virus Covid-19.

Sementara, terkait belum kunjung rampungnya pendataan di daerah luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menjadi kendala pemerintah pusat dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terkena dampak wabah Covid-19, respons Ketua MPR RI sebagai berikut:

Pertama, mendorong pemerintah pusat mendesak pemerintah daerah untuk merangkul kepala Rukun Warga (RW) dalam melakukan verifikasi data penerima bansos, agar data yang diperlukan oleh pemerintah pusat dapat segera rampung sebelum hari Raya Idul Fitri 1441 H dan diserahkan ke pusat, sehingga mereka yang berhak menerima dapat segera menikmati bantuan dari pemerintah.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan sejumlah hal terkait penanganan pandemic virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close