Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Pak Jokowi Terkait Aspirasi Pemekaran Daerah

Senin, 02 Desember 2019 – 15:58 WIB
Respons Pak Jokowi Terkait Aspirasi Pemekaran Daerah - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin menghambat daerah mengusulkan aspirasi pemekaran daerah. Namun, dia menggarisbawahi pembentukan daerah otonomi baru (DOB) hingga saat ini masih moratorium.

Hal ini disampaikan Presiden ketujuh RI itu di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12), saat berdialog terkait berbagai isu dengan jurnalis. Salah satunya yang dipertanyakan adalah langkah konkret pemerintah dalam merespons usulan pemekaran Papua.

"Sampai saat ini, urusan pemekaran itu masih moratorium. Tetapi kalau ada aspirasi-apsirasi dari bawah, misal dari Provinsi Papua, baik Papua Selatan, Papua Tengah, saya kira silakan. Namanya aspirasi dari bawah," kata Jokowi.

Diakui Jokowi bahwa usulan pemekaran Papua sudah disampaikan ke Kemendagri. Namun demikian pihaknya menegaskan bahwa pemerintah belum membuka keran pembentukan DOB yang masih berstatus moratorium.

Presiden Jokowi tidak ingin menghambat daerah mengusulkan aspirasi pemekaran daerah. Namun, dia menggarisbawahi pembentukan daerah otonomi baru (DOB) hingga saat ini masih moratorium.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close