Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Reza Indragiri Soroti Dugaan Kebocoran Data KPAI, Ini Masalah Serius

Selasa, 26 Oktober 2021 – 12:00 WIB
Reza Indragiri Soroti Dugaan Kebocoran Data KPAI, Ini Masalah Serius - JPNN.COM
Reza Indragiri Amriel menyoroti dugaan kebocoran data KPAI yang diperjualbelikan di pasar gelap, RaidForums. Ilustrasi Foto: Andika Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Konsultan Yayasan Lentera Anak Reza Indragiri Amriel menilai dugaan kebocoran dan peretasan data pengaduan daring (online) Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) merupakan masalah serius.

Dugaan kebocoran data KPAI itu tengah diselidiki Kemenkominfo setelah ada yang diperjualbelikan di pasar gelap, RaidForums.

Reza mengatakan pihak-pihak yang menyalahgunakan data tersebut bisa dipidana, bahkan sebatas menyebarkan identitas anak (rahasia) pun sudah merupakan persoalan pidana.

"Jadi, tidak perlu kita berimajinasi jauh tentang ragam viktimisasi terhadap anak-anak itu nantinya. Sejak momen data itu dibocorkan pun, pidana sudah bisa diaktifkan," ucap Reza Indragiri dalam keterangan yang diterima JPNN.com, Senin (25/10).

Pakar psikologi forensik itu juga menyebut KPAI harus mengumumkan data data apa yang sebetulnya dicuri atau disebar itu. Tujuannya, agar masyarakat, terutama anak-anak yang datanya dibocorkan, bisa melakukan precaution atau pencegahan terjadinya situasi buruk berikutnya.

Menurut Reza, KPAI jangan hanya bersikap menyerahkan masalah keamanan yang sangat rawan itu sepenuhnya kepada polisi untuk melakukan penanganan situasi.

"KPAI sampaikan ke publik, seraya meminta maaf secara terbuka, agar anak-anak juga bisa menjaga diri mereka," ujar dia.

Lulusan Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta itu mendorong adanya perlindungan khusus bagi anak-anak yang datanya bocor tersebut berdasarkan pertimbangan risiko buruk yang bisa dialami.

Reza Indragiri Amriel menyoroti dugaan kebocoran data KPAI yang diperjualbelikan di pasar gelap, RaidForums.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close