Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rezim Erdogan Tangkap Ketua Partai Oposisi Terkait Serangan Bersenjata

Jumat, 15 Mei 2020 – 20:45 WIB
Rezim Erdogan Tangkap Ketua Partai Oposisi Terkait Serangan Bersenjata - JPNN.COM
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP

jpnn.com, ANKARA - Otoritas Turki menangkap 38 orang termasuk ketua Partai Demokrat Rakyat (HDP), Jumat (15/5). Mereka dituduh terlibat serangan bersenjata yang menewaskan dua orang di Provinsi Van.

Serangan pada Kamis menargetkan dua personel pemerintah kota dan seorang warga sipil. Para korban baru pulang mendistribusikan bantuan ke wilayah yang menerapkan karantina wilayah sebagai bagian dari langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Direktur komunikasi Turki Fahrettin Altun dan sejumlah pejabat lainnya menuding Partai Pekerja Kurdi (PKK) menjadi dalang serangan tersebut.

PKK, yang melancarkan pemberontakan terhadap negara Turki sejak 1984, dianggap sebagai organisasi teroris oleh Rezim Recep Tayyip Erdogan. Lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik tersebut.

HDP sendiri adalah partai oposisi yang berjuang membela hak-hak kelompok minoritas di Turki. Kedekatan partai tersebut dengan kelompok Kurdi membuat banyak anggotanya dipersekusi rezim berkuasa, terutama setelah kudeta gagal 2016. (ant/dil/jpnn)

Otoritas Turki menangkap 38 orang termasuk ketua Partai Demokrat Rakyat (HDP), Jumat (15/5).

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close