Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RI - Brasil Sepakat Meningkatkan Kerja Sama Bilateral

Selasa, 13 Februari 2018 – 09:28 WIB
RI - Brasil Sepakat Meningkatkan Kerja Sama Bilateral - JPNN.COM
Sapi. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita menerima kunjungan Wakil Menteri Pertanian Negara Brasil, Eumar Roberto Novacki di Kantor Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Senin (12/2/2018).

Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan antara Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan Wakil Menteri Pertanian Brasil Eumar Roberto Novacki yang dilaksanakan pada pagi hari di Kantor Kementerian Pertanian.

“Pertemuan ini untuk menjalin hubungan bilateral dua negara agar makin erat serta untuk memanfaatkan peluang kerja sama yang dapat dilakukan oleh kedua negara,” ungkap I Ketut Diarmita.

Menurutnya, untuk memperkuat kerja sama bilateral, Pemerintah Brasil telah menyampaikan beberapa tawaran kerja sama, di antaranya adanya keinginan Brasil ingin melakukan kerja sama dalam memenuhi kekurangan pasokan daging sapi di Indonesia. Brasil melihat konsumsi protein hewani di Indonesia saat ini masih sangat rendah bila dibandingkan dengan negara anggota ASEAN lainnya, sehingga perlu untuk ditingkatkan.

“Mereka sampaikan bahwa populasi sapi di salah satu negara bagian Brasil mencapai 14 juta ekor dengan sistem pemeliharaan yang efisien, sehingga harga daging sapi di negara mereka dapat lebih murah,” kata I Ketut Diarmita.

Menurutnya, Brasil mengundang Indonesia untuk melihat langsung sistem kesehatan hewan dan jaminan keamanan pangan di negara mereka.

“Brazil juga menawarkan untuk kerja sama dalam perbaikan mutu genetik, pakan, food safety dan treacibility,” katanya.

Lebih lanjut, I Ketut mengungkapkan Indonesia memang masih memerlukan pasokan sapi dari negara lain karena produksi dalam negeri masih belum mencukupi. “Bagi kami, ini sangat bagus asal memenuhi persyaratan teknis,” tandasnya.

Untuk memperkuat kerja sama bilateral, Pemerintah Brasil telah menyampaikan beberapa tawaran kerja sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Kementan 
BERITA LAINNYA
X Close